1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Tiga Universitas Di Indonesia Ini Masuk 500 Besar Peringkat Dunia!

Kategori

Tiga Universitas Di Indonesia Ini Masuk 500 Besar Peringkat Dunia!

Tiga Universitas Di Indonesia Ini Masuk 500 Besar Peringkat Dunia!

Rating: 0.0 - out of 5stars
13 Juni 2017 0 Komentar
Penulis:

Beberapa saat lalu, Ayokuliah pernah menuliskan berita terkait banyaknya perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Ada sekitar 4.498 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang tersebar di tanah air. Sayangnya, dari banyaknya perguruan tinggi tersebut, baru tiga PTN yang berhasil menembus peringkat dunia.

Baca: Menristekdikti: Jumlah Perguruan Tinggi Di Indonesia Capai 4.498

Menurut data yang dihimpun dari QS World University Rangking tahun 2017/2018, tiga universitas asal Indonesia berhasil menempati 500 besar universitas terbaik dunia, dari 959 universitas terbaik di 84 negara di dunia.

Universitas pertama yang menempati angka 300 besar yakni Universitas Indonesia. Peringkat UI ada di posisi ke 277 dunia, yang mana berhasil meningkat dibandingkan tahun lalu yang berada di peringkat 325 dunia.

Selain berhasil naik 48 peringkat, UI juga tetap mempertahankan posisinya sebagai universitas nomor wahid di Indonesia selama 6 tahun berturut-turut pada pemeringkatan QS.

Kenaikannya ini terlihat dari performa indikator “International Faculty”, “Employer Reputation” dan ” Academic Reputation”. Berdasarkan survei yang telah dilakukan tim QS terhadap para pimpinan perusahaan, lulusan UI dianggap berkompeten, inovatif, serta efektif di dalam bekerja dan mengimplementasikan keilmuannya.

Kemudian, Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil menduduki peringkat ke 331 dunia dan peringkat kedua di Indonesia. Prestasi membanggakan juga diberikan oleh ITB, yang mana berhasil mencapai peringkat lebih baik dibandingkan tahun lalu.

Tahun lalu, ITB duduk di peringkat ke 401 dunia. Peningkatan terlihat dari indikator “Academic Reputation” dan “Employer Reputation”.

Baca: Kuliah di Universitas Terbaik Dunia, Mungkinkah?

Universitas ketiga terbaik diduduki oleh Universitas Gadjah Mada. UGM berhasil naik 99 peringkat, dari 501 di tahun lalu dan kini berada di peringkat 401 dunia. Sedangkan di Indonesia, UGM menduduki peringkat ketiga setelah UI, ITB. Tahun depan naik 100 peringkat lagi ya!.

Kedepannya, diharapkan perguruan tinggi di tanah air dapat terus berjuang untuk dapat menempati peringkat terbaik dunia. Jika memungkinkan, tidak hanya tiga yang berhasil masuk 500 besar, melainkan ada lebih banyak lagi. Meski demikian, peningkatan rangking universitas yang sudah menembus dunia ini, mampu membuktikan bahwa kualitas perguruan tinggi Indonesia semakin baik dari tahun ke tahun dan dapat bersaing di kelas dunia.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
linecolor

    






Artikel Terkait