1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Unusa Buka Prodi K3 Jenjang D4, Mau Daftar?

Kategori

Unusa Buka Prodi K3 Jenjang D4, Mau Daftar?

Unusa Buka Prodi K3 Jenjang D4, Mau Daftar?

Rating: 0.0 - out of 5stars
10 Agustus 2017 0 Komentar
Penulis:

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) resmi membuka program studi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) jenjang Diploma 4. Prodi ini merupakan bagian dari Fakultas Kedokteran Unusa yang sudah mulai membuka pendaftaran mahasiswa baru, pada Rabu, 9 Agustus 2017 dan akan ditutup jika kuota memenuhi. Bagi pendaftar yang berminat dapat mengunjungi bagian pendaftaran di Tower Sembilan, Kampus B Unusa Jemursari.

Pembukaan Prodi K3 ini sesuai dengan Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Nomor 426/KPT/1/2017 tentang pembukaan prodi K3 Program Diploma Empat (D4). Surat itu ditetapkan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti, Prof. Ainun Na’im.

Wakil Rektor I Unusa, Prof Kacung Marijan mengatakan dengan dibukanya prodi baru ini, berarti Unusa menjadi kampus ke-18 yang memiliki prodi K3 dari seluruh kampus di Indonesia. Memang diakui Kacung, prodi ini tidak banyak dibuka di kampus-kampus, padahal sebenarnya lulusan prodi ini sangat ditunggu-tunggu terutama kalangan industri.

Baca: PTS Favorit Ini Masih Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru!

“Entah kenapa masih belum banyak kampus yang berminat. Padahal, lulusannya sudah ditunggu kalangan industri. Daya serapnya tinggi,” ujarnya.

Diakuinya, seharusnya setiap perusahaan harus memiliki tenaga lulusan K3 yang handal. Karena di lingkungan pekerjaan terutama industri dalam hal ini pabrik, dibutuhkan adanya kenyamanan dan keselamatan dalam bekerja. Lokasi pekerjaan harus dilengkapi perangkat-perangkat yang aman dan nyaman bagi para pekerja sehingga bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja.

“Karena lulusan K3 yang secara asli itu belum banyak, kebanyakan industri itu mengambil karyawan untuk menempati posisi ini ya mereka yang berpengalaman saja, walau bukan lulusan K3,” jelasnya.

Prodi K3 di Unusa diakui Kacung nantinya lebih mengarah pada bidang vokasi. Itulah mengapa prodi ini hanya jenjang D4 yang lebih banyak praktik yakni 60 persen dan teori 40 persen. Keunggulannya, prodi K3 di Unusa memadukan antara kesehatan dan teknologi.

“Ada di salah satu kampus negeri di Surabaya di mana K3-nya hanya bidang kesehatan. Ada juga yang hanya bidang teknologi. Unusa memadukan keduanya. Karena masalah K3 itu adalah perpaduan kesehatan dan teknologi. Karena biasanya di industri berhubungan dengan teknologi,” tuturnya.

Untuk itu, sebelum prodi ini dibuka, Unusa sudah melakukan langkah kerjasama dengan beberapa industri. Tujuannya agar mahasiswa D4 K3 ini bisa langsung mempraktikkan ilmu yang didapatnya di perusahaan. Bahkan, Unusa juga menggandeng balai latihan kerja (BLK) yang berada di bawah Kementerian /Dinas Tenaga Kerja.

Baca: Kesempatan Terakhir, UGM Buka UTUL Gelombang II Vokasi!

Nantinya lulusan D4 K3 Unusa tidak hanya memiliki ijazah namun dilengkapi dengan sertifikat keahlian khusus. Karena dalam waktu dekat Unusa akan membentuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang bisa memberikan sertifikasi kepada beberapa profesi khususnya yang ada di Unusa dan tidak menutup untuk pihak luar.

Karena itu, Unusa cepat bergerak. Prodi K3 ini siap dibuka tahun kuliah September ini. Pendaftaran mahasiswa baru juga sudah dibuka mulai hari ini, Rabu (9/8).

“Daya tampung kita tidak banyak. Sekitar 30 mahasiswa. Silahkan mendaftar,” tukas Prof Kacung.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
linecolor

    






Artikel Terkait