1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Tim Garuda UNY Racing Ikuti Kompetisi Balap di Jepang

Kategori

Tim Garuda UNY Racing Ikuti Kompetisi Balap di Jepang

Tim Garuda UNY Racing Ikuti Kompetisi Balap di Jepang

Rating: 1 - out of 5stars
05 September 2016 0 Komentar
Penulis:

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) baru-baru ini menjadi buah bibir di berbagai media pemberitaan. Pasalnya anak didik UNY kembali dipercaya untuk unjuk gigi di kompetisi Student Formula Japan (SFJ).

Tak tanggung-tanggung, 20 mahasiswa terpilih saat ini tengah mempersiapkan kompetisi tersebut.


Dilansir dari laman UNY, “Sejumlah 20 orang mahasiswa yang tergabung dalam Garuda UNY Racing Team (GURT) dan 2 orang dosen pembimbing bertolak ke Jepang untuk mengikuti kompetisi tersebut. Pada tahun ini GURT mengkompetisikan kendaraan yang diberi nama FG 16”.

Unissula Juarai Kontes Robot di Amerika

Sesampainya tim di Jepang, sesegera mungkin tim GURT bergegas menuju Fujinomiya untuk melakukan setting kendaraan FG 16 yang telah mendarat terlebih dahulu, melalui cargo. Setting kendaraan dilakukan oleh divisi Powertrain, divisi Engine, Body, Electric, serta Stering Brake and Suspension selama hampir 6 jam, termasuk mengisi oli dari Motul mulai dari pelumas mesin sampai mineral oil pada rem kendaraan. Demi memaksimalkan performa kendaraan, FG 16 melakukan test drive di Fujinomiya Shiraito Speedland.

Student Formula Japan (SFJ) tahun ini diselenggarakan selama 5 hari, yakni dari tanggal 6 September hingga 10 September di Ecopa Stadium, Shizuoka, Jepang. Selama lima hari kedepan, para anak bangsa akan memperebutkan gelar juara untuk dibawanya pulang ke tanah air.

Wow, Mahasiswa UI Bikin Mobil Hemat Bahan Bakar!

SFJ sendiri merupakan kompetisi bergensi yang diikuti oleh universitas-universitas dari berbagai penjuru dunia. Adapun kompetisi di SFJ dibagi menjadi 2 ranah yaitu Static Event dan Dynamic Event. Dalam ranah Static Event, kompetisi yang dilangsukan yaitu dari Cost Report, Design Report, Business Logic Plan.

Sedangkan dalam ranah Dynamic Event, kompetisi yang dilangsungkan yaitu Acceleration, Skidpad, Autocross, Endurance, serta Efficiency. Para tim diharuskan memastikan untuk lolos proses scrutting  sebelum melaju ke Dynamic Event. Dalam proses scrutting, kendaraan akan diuji dari berbagai aspek. Aspek-aspek yang diuji seperti, kelengkapan kendaraan, pengereman, noise, tilt hingga kemampuan racer dalam mengenali rules selama di lintasan balap.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait