1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Beasiswa
  4. Beasiswa Cahaya Pintar NU Care Bagi Mahasiswa D3 Hingga S2
Beasiswa Cahaya Pintar NU Care Bagi Mahasiswa D3 Hingga S2

Beasiswa Cahaya Pintar NU Care Bagi Mahasiswa D3 Hingga S2

Rating: 1 - out of 5stars
02 Maret 2017 0 Komentar
Penulis:

Beasiswa Cahaya Pintar NU Care 2017 merupakan bentuk kepedulian NU di bidang pendidikan tinggi. Beasiswa tahun ini menyasar mahasiswa Diploma III, Diploma IV, Strata 1 hingga Strata 2.

Adapun kuota yang disampaikan melalui press release di halaman NU, kuota penerima tahun ini sebanyak 50 mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Pihak panitia berharap beasiswa ini mampu menyasar lebih banyak mahasiswa membutuhkan di tahun-tahun mendatang.

Baca juga: Beasiswa L’Oreal Khusus Bagi Siswi SMA dan Mahasiswi S1

Beasiswa ini menyasar mahasiswa yang sedang dan/atau pernah menempuh pendidikan di pondok pesantren, serta mahasiswa berprestasi pada bidang intra dan/atau ekstra kurikuler namun memiliki keterbatasan ekonomi. Kamu berminat mencoba beasiswa ini? Simak syarat yang harus dilakukan.

Persyaratan yang harus diperhatikan, diantaranya:

1. Jenjang S1/Diploma IV minimal semester I dan maksimal semester VII.
2. Jenjang Diploma III minimal semester I dan maksimal semester V.
3. Jenjang Strata II minimal semester I dan maksimal semester III.
4. Memiliki Indeks Prestasi Komulatif (IPK) minimal 3,00 dari skala 4,00.
5. Membuat esai dengan tema “Mimpiku Untuk Nahdlatul Ulama dan Indonesia” sekurang-kurangnya 5.000 karakter.

Kamu memenuhi persyaratan di atas? Silakan ajukan permohonan tertulis kepada NU Care dengan melampirkan berkas sebagai berikut:

1. Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan Kartu Rencana Studi (KRS) atau yang sejenis sebagai bukti jika kamu sebagai mahasiswa aktif;
2. Melampirkan profil singkat calon penerima yang sedikitnya memuat nama, tempat tanggal lahir, alamat, nomor kontak, riwayat pendidikan (dari SD sampai terakhir), riwayat pendidikan pesantren, daftar Prestasi;
3. Melampirkan surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa/bantuan biaya pendidikan lain (bermaterai 6000); Surat Rekomendasi dari pimpinan Fakultas/Jurusan; Fotokopi kartu keluarga; Foto diri ukuran 4×6 terbaru.

Berkas Bagi Mahasiswa Berprestasi

Adapun persyaratan khusus bagi mahasiswa berprestasi yakni harus melampirkan fotokopi piagam atau bukti prestasi lainnya (ko-kurikuler dan/atau ekstra kurikuler) pada tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, Nasional maupun Internasional.

Berkas Bagi Mahasiswa Kurang Mampu

Bagi mahasiswa yang kurang mampu wajib melampirkan surat Keterangan Tidak Mampu dari pemerintah desa/kelurahan. Kemudian, mahasiswa harus lulus ujian Baca Tulis al Qur’an dan Praktek Pengamalan Ibadah (BTA-PPI). Khusus untuk calon penerima yang hafal Al Quran, wajib melampirkan syahadah dari Pondok Pesantren masing-masing.

Baca juga: Pemprov Jabar Tawarkan Beasiswa Hafidz dan Beasiswa S1 Lain

Seluruh berkas pengajuan dikirimkan ke NU Care–LAZISNU melalui email: [email protected] dengan Subjek: “Beasiswa Cahaya Pintar NU Care 2017” paling lambat tanggal 6 Maret 2017. Berkas juga dapat dikirim melalui pos paling lambat tanggal 3 Maret 2017 Cap Pos yang ditujukan kepada: Panitia Seleksi Beasiswa Cahaya Pintar NU Care 2017 di Kantor NU Care–LAZISNU, Gedung PBNU Lt. 2 Jl. Kramat Raya No. 164 Jakarta Pusat 10430.

Seleksi administrasi dilakukan pada 7-9 Maret 2017. Pengumuman Lulus Administrasi 10 Maret 2017, Tes BTA-PPI dan TPA 13 Maret 2017, dan Wawancara pada 14 Maret 2017. Untuk seluruh tahapan seleksi, NU Care-LAZISNU tidak memungut biaya apa pun.

Sumber :  AyoKuliah.id

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait