1. Beranda
  2. Artikel
  3. Tips Kuliah
  4. Peringkat UGM Naik Di Angka 74 Se-Asia

Kategori

Peringkat UGM Naik Di Angka 74 Se-Asia

Peringkat UGM Naik Di Angka 74 Se-Asia

Rating: 1 - out of 5stars
26 Oktober 2018 0 Komentar
Penulis:

Peringkat Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali naik di angkat 74 se-Asia menurut lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia Quacquarelli Symonds (QS). Tahun lalu, peringkat UGM berada di angka ke-85 dan sekarang berada di angka ke-74. Tentunya, hasil yang dicapai ini tak luput dari bantuan dan usaha keras berbagai pihak.

“Alhamdulillah peringkat UGM di QS Asia University Ranking Asia 2019 naik dari peringkat 85 ke peringkat 74,” kata Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng.,D.Eng., Jumat (26/10) di Kampus UGM sebagaimana dilansir dari laman UGM.


Panut menyampaikan selama empat tahun berturut-turut, sejak tahun 2016 hingga 2019, peringkat UGM terus meningkat dari ranking 137 menjadi 74 besar di Asia. Peningkatan peringkat tersebut menunjukkan perbaikan dan kemajuan di berbagai bidang di UGM setiap tahunnya.

Baca: Inilah Klaster 1 Perguruan Tinggi Non Vokasi Terbaik Tahun 2018

Hal tersebut, kata Panut, dicapai dari hasil kerja keras dan kekompakan semua warga UGM bekerja sama dengan alumni dan para mitra.

“UGM akan terus meningkatkan kepemimpinan dan kontribusinya untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa,” jelasnya.

Sementara Kepala Kantor Jaminan Mutu UGM, Prof.Dr. Indra Wijaya Kusuma, M.B.A., menjelaskan dalam pemeringkatan perguruan tinggi yang dilakukan QS berdasarkan pada 11 indikator. Indikator yang digunakan pada penilaian antara lain reputasi akademik, reputasi alumni di dunia kerja, rasio dosen dan mahasiswa, jumlah sitasi pada setiap publikasi ilmiah, jumlah publikasi ilmiah, jumlah pertukaran mahasiswa, jumlah dosen asing, jumlah dosen bergelar doktor, serta jejaring riset internasional.

Berdasar data QS tersebut, UGM mengalami peningkatan performa dalam beberapa indikator. UGM unggul pada indikator reputasi akademik dengan menduduki urutan 1 di Indonesia dan 43 di Asia.

“Hal ini menandakan bahwa reputasi UGM semakin dikenal di dunia akademik dan industri,” tutur Indra.

Baca: Terbaru, 50 Besar Universitas Terbaik Indonesia Versi Webometrics!

Berdasarkan hasil yang dirilis QS, UGM mengalami peningkatan tidak hanya pada reputasi akademik saja, tetapi juga pada reputasi lulusan di dunia kerja, jejaring riset internasional, pemanfaatan dosen asing, kesesuaian rasio dosen dan mahasiswa, serta jumlah mahasiswa exchange internasional baik dari UGM maupun ke UGM.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait