1. Beranda
  2. Artikel
  3. Tips Kuliah
  4. Yuk Kenali Ciri-ciri Beasiswa Palsu!

Kategori

Yuk Kenali Ciri-ciri Beasiswa Palsu!

Yuk Kenali Ciri-ciri Beasiswa Palsu!

Rating: 1 - out of 5stars
06 Oktober 2016 0 Komentar
Penulis:

Beasiswa memang selalu dinanti oleh para pelajar tanah air. Baik beasiswa dalam negeri maupun beasiswa luar negeri.

Di Indonesia sendiri, masuknya informasi beasiswa dalam atau luar negeri bisa dari mana saja, dan yang paling sering, informasi datang dari dunia maya. Namun, bagaimana cara memilah mana beasiswa yang asli dan palsu? Karena di dunia maya sendiri terdapat banyak situs yang menyediakan informasi beasiswa.

Untuk menghindari datangnya beasiswa palsu, kamu yang berniat mendaftar beasiswa, wajib mengenali ciri-ciri beasiswa palsu, diantaranya:

1. Meminta Bayaran/Transfer

Kamu diharuskan berhati-hati jika mendapati pesan/email yang memintamu mentransfer sejumlah uang yang tidak masuk diakal, baik dengan alasan untuk biaya pendaftaran atau administrasi. Sebagai informasi, beasiswa resmi akan mencantumkan nomor rekening beserta jumlah pasti yang harus dibayarkan (jika memang terdapat biaya pendaftaran).

2. Iming-iming Langsung diterima

Lolos beasiswa dapat dikatakan susah-susah gampang. Namun jika kamu menemui kasus pendaftaran beasiswa dengan iming-iming persyaratan mudah dan pasti diterima, kamu diwajibkan waspada. Terlebih jika kamu tidak pernah merasa mendaftar, dan tiba-tiba mendapat penawaran dengan persyaratan yang mudah, dan langsung diterima jika membayarkan sejumlah uang. Ingat ya, diperlukan usaha keras untuk meraih beasiswa luar negeri ini!

3. Diteror Pemberi Beasiswa

Jika kamu mendapat e-mail atau telepon yang menawarkan beasiswa secara terus-menerus, jangan mudah percaya. Selidiki dahulu dari mana institusi tersebut dan atas dasar apa mereka memilihmu menjadi kandidat penerima beasiswa. Apalagi, jika kamu diberi batas waktu yang tak masuk akal untuk mendaftar, misalnya: dalam 2×24 jam.

4. Meminta informasi terkait data keuangan

Pastikan beasiswa yang kamu daftar ini tidak meminta data pribadi terkait keuanganmu, misalkan saja rekening bank, nomor kartu kredit atau bahkan nomor PIN yang kamu gunakan untuk bertransaksi. Biasanya beasiswa resmi hanya akan meminta data pribadi juga beberapa prestasi akademik yang kamu miliki. Nah jika kamu menemukan formulir yang meminta kamu mengisi data keuangan seperti itu, bisa dipastikan bahwa formulir tersebut adalah penipuan.

5. Logo situs

Biasanya situs-situs beasiswa penipuan ini akan mencantumkan logo universitas, bank, institusi dan lain-lain untuk meyakinkan status mereka. Sebagai tindakan waspada, kamu bisa mencari di internet mengenai logo yang dicantumkan di situs tersebut. Carilah alamat email universitas yang dicantumkan logonya untuk memastikan apakah situs tersebut merupakan situs yang mereka tunjuk untuk menerima permohonan beasiswa.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

linecolor

    






Artikel Terkait