1. Beranda
  2. Artikel
  3. Tips Kuliah
  4. Tips Pilih Tempat Kos Buat Para Maba!

Kategori

Tips Pilih Tempat Kos Buat Para Maba!

Tips Pilih Tempat Kos Buat Para Maba!

Rating: 1 - out of 5stars
20 April 2016 0 Komentar
Penulis:

Mencari kos merupakan salah satu agenda wajib buat kamu pendatang, yang berkuliah di kota lain. Memilih kos yang benar-benar sesuai dengan keiginan juga bisa dikatakan susah-susah gampang. Tak hanya membutuhkan waktu satu jam dua jam, namun terkadang menentukan tempat kos idaman membutuhkan waktu yang relatif lebih lama.

Tips : Pendaftaran SBMPTN Segera Dibuka, Ini Dia yang Harus Kamu Persiapkan!

 

Tak jarang pula, para mahasiswa memanfaatkan gadget mereka untuk survey kos. Karena saat ini, banyak pemilik kos memasang iklan di berbagai media. Tapi setelah menemukan kos via internet, jangan lupa lakukan survey langsung ke lokasi ya. Jangan-jangan antara gambar yang diunggah dengan kondisi asal berbeda, atau lokasinya ternyata susah di akses. Nah, berikut Ayokuliah rangkum beberapa tips memilih kos buat kamu para maba:

  1. Lokasi yang strategis: Ini menjadi poin awal kamu memilih tempat kos. Bagaimana akses ke kampus? Jauh/dekat?
    Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, tak masalah untuk memilih kos yang relatif jauh dari kampus. Nah bagaimana jika kamu belum diberi fasilitas kendaraan pribadi?
    Pilih juga kos yang dekat dengan rumah makan, toserba, laundry, tempat ibadah, tempat fotokopi, dan tempat lainnya. Ini akan memudahkan kamu menjalani aktifitas sehari-hari, terbilang hemat pula kan?
  1. Fasilitas kamar: Perhatikan ukuran kamar, usahakan cari kamar minimal berukuran 3×3 m. Selain luas, kamu masih bisa menata kamar kamu dengan segala perabotan yang kamu bawa. Lihat juga apakah pihak kos mengenakan tagihan tambahan untuk peralatan elektronik kamu! Misalkan saja, laptop 20 ribu, kipas angin 10 ribu, dan lainnya, ini juga kamu pastikan pula kepada sang pemilik kos.
  2. Kelengkapan fasilitas kos: Tengok kamar mandi, bersihkah? Bagaimana kondisi air yang akan kamu gunakan nantinya. Air PAM atau sumur?
    Lalu adakah dapur, tempat menjemur pakaian, dan tempat parkir kendaraan? Beruntung pula jika ada wi-fi 24 jam yang siap menemanimu. Jangan lupa tanyakan, ada pekerja yang bersih-bersih kos kamu atau tidak? Jika tidak, maka kamu perlu mempersiapkan diri untuk membersihkan kamar kos sendirian.
  1. Harga: Biasanya kos-kosan mengenakan tarif bulanan, 3 bulan, semester dan tahunan. Sebagai mahasiswa baru coba bayar perbulan dulu deh. Sembari pilah-pilih yang lain, kamu juga bisa memantapkan hati untuk terus di sini atau pindah ke kos lain. Namun, kalau sejak awal sudah yakin, buruan bayar tahunan saja, karena rata-rata ada diskon buat kamu yang melakukan pembayaran tahunan. Tapi, kebanyakan pemilik kos sekarang terbilang lebih cerdik, mereka memberlakukan peraturan “bayar kos penuh di muka untuk satu tahun sekaligus”. Tak khayal hal ini dibilang cukup memberatkan para orang tua bukan? Namun yang namanya peraturan tetaplah peraturan, so kamu yang mau tinggal di kos tersebut mau tak mau harus mematuhinya kan.
  2. Keamanan: Sering kali terdengar banyak anak kos yang kehilangan motor, laptop, uang bahkan baju sekalipun. Jadi faktor keamanan juga menjadi prioritas utama memilih kos. Usahakan memilih kos yang memiliki penjaga, baik ibu pemilik ataupun penjaga yang sengaja disewa untuk menjaga kos. Keamanan sekitar lokasi kos juga perlu diperhatikan, bagaimana lingkungan masyarakat sekitar?
  3. Bertanya ke orang yang lebih berpengalaman: Beruntung jika kamu punya kakak, saudara, teman, kakak kelas yang sekampus denganmu. Kamu bisa mulai menggali informasi terkait kos mana yang lebih murah, strategis, fasilitasnya lengkap pula.

 

Tips lain: Cerdik Memilih Program Studi Ala AyoKuliah.id

Jangan sampai awal kamu menjadi kurang menyenangkan gegara masalah kos ya! Semoga kamu menemukan hunian terbaik, dan sesuai dengan keinginan.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait