1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. FILKOM UB Gelar Workshop Persiapan Dunia Kerja Untuk Calon Wisudawan

Kategori

FILKOM UB Gelar Workshop Persiapan Dunia Kerja Untuk Calon Wisudawan

FILKOM UB Gelar Workshop Persiapan Dunia Kerja Untuk Calon Wisudawan

Rating: 1 - out of 5stars
15 Agustus 2018 0 Komentar
Penulis:

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menggelar ‘Workshop Persiapan Dunia Kerja’ sebagai bekal calon wisudawan/wisudawati masuk dunia kerja, Kamis (9/8/2018).

Kegiatan ini digelar oleh Bagian Kemahasiswaan FILKOM dengan tujuan untuk membekali calon wisudawan dengan pengetahuan tentang seluk beluk sebelum masuk dunia kerja. Workshop dilaksanakan di Gedung F FILKOM Lantai 12 dan dihadiri 31 orang mahasiswa yang telah lulus ujian sidang skripsi dan telah dijadwalkan mengikuti yudisium dalam waktu dekat.


Hadir sebagai pemateri pada workshop tersebut adalah Adam Hendra Brata, S.Kom., MT, MSc dan Wiwin Lukito Hadi, SH., S.Psi, CHRM. Adam menyampaikan materi tentang Pengenalan Dunia Kerja di Bidang IT.

Dalam paparannya Adam menyampaikan bahwa saat ini dunia sedang memasuki tahapan revolusi industri 4.0 yang banyak menitikberatkan perkembangan pada Cyber Physical Systems, Internet of Things dan Networks. Oleh karenanya ini merupakan peluang besar bagi para lulusan bidang IT. Karena tidak hanya perusahaan yang memiliki core IT saja yang membutuhkan lulusan bidang IT namun semua perusahaan kini membutuhkan dukungan IT baik untuk memperluas cakupan pasar, mengelola pasokan barang, maupun upaya efisiensi produksinya. Besarnya peluang tersebut tidak lantas menghilangkan persaingan dalam mendapatkan pekerjaan, karena itu para lulusan FILKOM diharapkan dapat selalu mengupdate pengetahuannya tentang berbagai teknologi terbaru.

Baca: Rein – Mahasiswa Termuda UNPAD 2018

Sementara itu, Wiwin menyampaikan materi tentang pembuatan lamaran yang baik, teknik menghadapi wawancara serta pengenalan kedudukan hukum pihak-pihak yang terlibat dalam bisnis outsourcing.

Dalam paparannya Wiwin menyampaikan bahwa surat lamaran terdiri atas dua bagian yaitu Cover Letter (CL) dan Curriculum Vitae (CV).

CL yang baik hanya terdiri atas satu halaman saja dan berisi beberapa komponen meliputi paragraf pengantar terdiri atas penjelasan singkat tentang dari mana pelamar mendapat informasi lowongan pekerjaan, serta pernyataan ketertarikan atas pekerjaan yang ditawarkan, Value selling yaitu paragraf berisi penjelasan tentang kelebihan dan kemampuan pelamar.

Background summary yaitu paragraf singkat berisi latar belakang pendidikan serta pengalaman kerja pelamar, dan bagian penutup yaitu paragraf berisi kalimat pernyataan bahwa pelamar menunggu informasi lebih lanjut terkait lamarannya, serta ucapan terima kasih.

Sedangan CV yang baik dijelaskan oleh Wiwin berisi komponen – komponen meliputi data diri pelamar, contact details, education, work experince, activities and interest, additional skill dan reference. Surat lamaran sebaiknya sesuai dengan kondisi sesungguhnya dari pelamar. Jangan pernah memberikan data palsu atau berbohong dalam memasukkan data ke surat lamaran. Hal ini akan berakibat fatal, karena jika lolos dari tahapan seleksi administrasi, maka perusahaan pasti akan melaksanakan tes lanjutan untuk memverifikasi kebenaran data pada surat lamaran.

Baca: Ini Pesan Menteri Susi Pudjiastuti Bagi Mahasiswa Baru UB

Acara workshop ditutup dengan simulasi pelaksanaan psikotest yang dipandu oleh salah satu staf Kemahasiswaan FILKOM UB Prasetyo Iskandar, ST. Simulasi ini diberikan agar para lulusan mendapat gambaran mengenai psikotes, sehingga lebih siap menghadapinya nanti pada kondisi riil.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait