1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Universitas Negeri Malang Buka Prodi S2 PPKN Pertama di Jatim

Kategori

Universitas Negeri Malang Buka Prodi S2 PPKN Pertama di Jatim

Universitas Negeri Malang Buka Prodi S2 PPKN Pertama di Jatim

Rating: 1 - out of 5stars
28 Februari 2017 0 Komentar
Penulis:

Universitas Negeri Malang (UM) menjadi satu-satunya universitas yang membuka program studi PPKN jenjang S2. Prodi baru ini diresmikan pada hari Sabtu, 25 Februari 2017, di acara seminar nasional dalam rangka pembukaan Program Magister PPKN. Adapun tema yang diangkat pada seminar kali ini yakni “Posisi Strategis Guru PPKn Profesional dalam Dinamika Perspektif Ideologis-Konstitusional”, yang dihadiri oleh 350 peserta yang terdiri dari guru PPKN, mahasiswa, alumni PPG, dan lain sebagainya.

Melalui seminar tersebut dan hingga kini, prodi PPKN yang dibuka sudah diserbu pendaftar yang ingin melanjutkan studi. Terhitung, setidaknya sudah ada 65 guru dan lulusan S1 PPKN yang mendaftarkan diri di prodi PPKN.


Baca juga: Berpendidikan S-1, Kampus di Indonesia masih Krisis Dosen

Padahal, UM hanya menyediakan kuota sebanyak satu kelas dengan jumlah 20 kursi. Tentunya, keterbatasan kuota ini diharapkan akan segera dibenahi pihak kampus, mengingat jumlah pendaftar yang cukup tinggi.

Selama ini dikarenakan belum tersedianya prodi S2 PPKN di Jatim, para guru PPKN yang berkeinginan melanjutkan studi S2 hanya bisa melanjutkan ke prodi S2 pendidikan sosial atau IPS. Hal ini menyebabkan munculnya para guru PPKN lulusan S2 yang tidak linier dengan prodi S1 nya. Sehingga berdampak pada hasil pengajarannya yang menjadi kurang tepat karena latar belakang pendidikannya bukan PPKN. Dengan dibukanya prodi S2 PPKN di UM, maka para guru PPKN tersebut dapat mengambil prodi yang sesuai dengan bidangnya, dan dipraktekkan di kelas nantinya.

Pihak UM juga tidak mengelak jika ada permintaan penambahan kelas dari guru, namun terlebih dahulu akan dipertimbangkan dari animo pendaftar yang semakin tinggi di akhir masa pendaftaran. Pendaftaran kini sudah mulai dibuka dan akan ditutup pada bulan April mendatang. Adapun syarat masuknya yakni, pendaftar harus mengikuti serangkaian seleksi tes kemampuan akademik, tes bahasa inggris, dan tes psikologi.

Bagi calon mahasiswa Prodi S2 PPKN di UM, silakan lakukan pendaftaran melalui laman http://pasca.um.ac.id/. Dikarenakan keterbatasan kuota, maka diharapkan dapat melakukan pendaftaran sedini mungkin, dan mempersiapkan segala materi hingga mental untuk menghadapi persaingan masuk UM.

Baca juga: Mau Studi ke Belgia Gratis? Yuk Ikut Beasiswa Ini

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait