1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Habis UN, Mau Kuliah Kemana?

Kategori

Habis UN, Mau Kuliah Kemana?

Habis UN, Mau Kuliah Kemana?

Rating: 0.0 - out of 5stars
13 April 2018 0 Komentar
Penulis:

Puji syukur bahwa UN (Ujian Nasional) sudah berlalu. Apakah kamu sekarang sedang deg-deg an menunggu hasilnya? Wajar sih untuk deg-deg an, ketakutan tidak lulus UN selalu membayang, terutama untuk yang merasa kurang mempersiapkan diri. Tapi kalau kamu sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi UN, tentu perasaan khawatir bisa teredam sedikit.

Nah, justru yang harus kamu pikirkan adalah mau kemana atau mau ngapain setelah UN? Mau kerja kah? Mau usaha kah? Atau mau kuliah kah?

Khusus kamu yang memilih untuk kuliah setelah UN, maka pertanyaan setelahnya adalah ‘Mau Kuliah Kemana?’

Kalau kamu sadari, pertarungan sebenarnya adalah perebutan kursi di perguruan tinggi. Jaman sekarang memperebutkan kursi di perguruan tinggi ketat sekali, untuk universitas favorit, fakultas favorit, dan jurusan favorit, perbandingannya bisa 1:100, artinya untuk mendapatkan kursi, kamu harus mengalahkan seratus orang!

Horor juga ya!

Nah, tapi nih sebelum bertarung memperebutkan kursi di perguruan tinggi, kamu harus tahu dulu mau kuliah kemana. Kamu harus menentukan dengan matang, di universitas mana kamu ingin menempuh Pendidikan lebih tinggi. Berikut adalah beberapa pertimbangan yang bisa kamu pakai sebelum memilih kampus.

  1. Mau masuk jurusan apa?

Ingin masuk jurusan mana juga harus jadi pertimbangan utama karena tak sedikt loh yang pindah jurusan di semester 2, 3, 4 dst hanya karena merasa salah jurusan. Kalau kamu suka belajar kimia ketika di SMA, maka kamu bisa masuk jurusan ilmu kimia di universitas.

  1. Mau jadi apa?

Nah, kalau cita-cita kamu mau jadi dokter ya masuklah jurusan ilmu kedokteran. Kalau mau jadi arsitek yang masuklah jurusan arsitektur. Pilihan jurusan sesuai passion-mu akan membuat kuliahmu menjadi lebih mudah ke depannya, karena kamu cenderung menyenangi apa yang kamu pilih dan akan melakukan segalanya dengan hati riang.

  1. Mmm, budget kuliah?

Nah, satu hal lagi yang perlu jadi pertimbangan, yakni budget kuliah. Misalkan kamu ingin sekali jadi dokter, tapi ternyata keadaan orang tua tidak memungkinkan untuk membiayai kuliah kedokteran mu, maka kamu harus memikirkan alternatif lain.

Keperawatan adalah alternatif yang dekat dengan kedokteran tapi biaya kuliah tidak terlalu mencekik leher.

Nah, kalau sudah melakukan hal 3 hal di atas, dan kamu pun sudah tahu jurusan apa yang ingin kamu masuki, kamu ingin belajar apa, kamu ingin menjadi apa, sekarang saatnya mencari kampus yang menyediakan jurusan yang kamu mau, contohnya:

1. Pengen Jadi Ahli Minyak

Kamu pengen jadi ahli minyak, kerja di pengeboran minyak, dsb maka kamu bisa masuk ke jurusan Teknik Perminyakan. Di Indonesia, yang punya jurusan Teknik Perminyakan adalah ITB (Institut Teknologi Bandung), UPN Veteran Yogyakarta, dan ITS di Surabaya. Siap-siap juga bersaing dengan ratusan ribu siswa lainnya karena tak sedikit yang ingin kerja di perminyakan hehe

2. Tertarik Banget Sama Nuklir

Kamu tertarik banget soal nuklir, maka kamu bisa masuk ke Teknik Nuklir dan yang punya adalah UGM di Yogyakarta! Yup, kampus tertua di Indonesia ini memang selalu menjadi idaman para siswa SMA, selain karena kualitasnya, kampus ini juga selalu menghasilkan lulusan-lulusan terbaik yang siap mengabdi untuk kepentingan bangsa dan negara.

3. Hobi Olahraga, Pengen Jadi Guru Olahraga

Pengen banget jadi guru olahraga, boleh tuh ke UNY (Universitas Negeri Yogyakarta). Kampus yang dulunya terkenal dengan nama IKIP ini sudah terbukti handal juga dalam menghasilkan pendidik-pendidik berkualitas.

4. Suka Melihara Ikan, Pengen Bisnis Lebih

Orang tua usaha budidaya ikan dan kamu pengen bantu orang tua setelah lulus kuliah nanti, tapi kuliah apa? Nah, kamu bisa loh masuk ke jurusan perikanan, di Indonesia ada UGM dan Unpad. Kalau kira-kira rumah lebih dekat dengan Jogja maka bisa tuh pilih UGM, tapi sekiranya Bandung lebih dekat maka kamu bisa coba Unpad.

5. Hobi Keluar Masuk Hutan

Kamu dekat dengan alam dan suka sekali berada di alam, kalau bisa kamu maunya kerjanya keluar masuk hutan. Nah, coba deh masuk jurusan Kehutanan, di Indonesia yang punya jurusan Kehutanan adalah UGM, Unhas (Universitas Hasanudin), dan USU (Universitas Sumatra Utara).

Btw, Presiden RI saat ini Ir. Joko Widodo adalah lulusan Fakultas Kehutanan UGM loh.

Sudah deh, 5 aja contohnya karena kalau semua jurusan dicontohin gak akan muat di satu halaman hehe. Kenyataannya di Indonesia ada banyak sekali jurusan-jurusan yang ada, bahkan kampus saja ada ribuan jumlahnya, bisa pusing deh untuk pilih satu-satu.

Nah, tapi di antara ribuan kampus, kamu bisa pilih satu kampus dengan mudah melalui rekomendasi kampus terbaik di ayokuliah.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
linecolor

    






Artikel Terkait