1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Mahasiswa ITS Rancang Game Words War, Latih Berbahasa Inggris

Kategori

Mahasiswa ITS Rancang Game Words War, Latih Berbahasa Inggris

Mahasiswa ITS Rancang Game Words War, Latih Berbahasa Inggris

Rating: 1 - out of 5stars
16 April 2018 0 Komentar
Penulis:

Pada era digital ini, teknologi semakin berkembang. Tak terkecuali media pembelajaran di berbagai situs web, hal tersebut dapat digunakan untuk membantu seseorang dalam meningkatkan mutu proses belajarnya. Tetapi, sayangnya media pembelajaran yang ada saat ini belum bisa memberikan respon balik ke penggunanya atau masih bersifat pasif.

Melihat hal dan penomena tersebut, dilansir dari laman resmi ITS mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menciptakan sebuah game sebagai sebuah media pembelajaran yang inovatif dan menarik. Game yang diberi nama Words War dengan mengusung teknologi speech recognizition sebagai solusinya. Ketiga mahasiswa tersebut yaitu Ilham Cahya Suherman (20) dari Departemen Sistem Informasi, Firman Maulana (20) dari Departemen Teknik Informatika, dan Diah Rachmawati (22) dari Desain Komunikasi Visual (DKV) yang berada di bawah Departemen Desain Produk Industri (Despro).

Baca : Habis UN, Mau Kuliah Kemana?

“Harapannya, game tersebut bisa lebih bermanfaat kepada masyarakat umum guna melatih dan meningkatkan kecakapan berbahasa internasional, yaitu bahasa Inggris, khususnya anak-anak yang memiliki hobi bermain game,” ungkapnya.

Meski tidak berasal dari departemen yang sama, Ilham mengaku senang karena dalam menciptakan sebuah game yang bermanfaat kepada masyarakat umum guna melatih dan meningkatkan berbahasa Inggris, khususnya anak-anak yang memiliki hobi bermain game. Ilham yang juga ketua tim, game yang diciptakan ini bergenre shooter. Artinya pemain akan mengalahkan lawan melalui tembak-menembak.

Baca : Tiga Mahasiswa Unpad Menoreh Kemenangan dalam “Creative Program Production” Nasional di Surabaya

Pemain hanya perlu bermodal suara atau ucapan untuk mengendalikan atau menjalankan game tersebut dan Speech Recognizition (SR) ini hanya mampu dijalankan di Windows 10, Speech Recognizition adalah teknologi yang digunakan untuk mengonversikan sinyal akustik (suara) melalui mikrofon, sebagai bentuk perintah dalam mengoperasikan komputer secara otomatis. Terdapat tujuh level dalam game ini, di mana masing-masing level memiliki tingkat kesulitan yang berbeda, yaitu dalam melafalkan kata atau kalimat dalam bahasa Inggris dengan cepat dan tepat.

“Dalam permainan tersebut, pelaku penembak disimulasikan oleh kucing dengan pesawatnya dan pelaku yang ditembak disimulasikan oleh para monster, dalam mengeluarkan tembakan pun, pemain harus mengucapkan kata atau kalimat yang tersedia sebagai fungsi tembakan tepat sasaran ke lawan,” papar Ilham

Berkat niat baiknya tersebut, Words War ini pernah dipamerkan di acara besar ITS seperti ITS Expo dan Menyentuh Kampus Teknologi (MKT). Meski sudah pernah dipamerkan, ketiga mahasiswa tersebut masih belum puas dengan komposisi game tersebut.

Source : ITS

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Ayo Kuliah
Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait