1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Hari Pendidikan Nasional, Hasil UNBK SMA/SMK Diumumkan!

Kategori

Hari Pendidikan Nasional, Hasil UNBK SMA/SMK Diumumkan!

Hari Pendidikan Nasional, Hasil UNBK SMA/SMK Diumumkan!

Rating: 1 - out of 5stars
02 Mei 2017 0 Komentar
Penulis:

Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional 2017 yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2017, panitia pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA/SMK siap menggelar pengumuman hasil Ujian. Siang ini, para siswa SMA/SMK/sederajat dijadwalkan akan menerima hasil UN.

Dilihat dari data hasil ujian tahun ini, hasil nilai UNBK SMA mengalami kenaikan cukup besar, namun berbeda dengan hasil UNBK SMK yang mengalami penurunan. Hal ini terjadi di wilayah DIY, dan belum diketahui apakah di lokasi lain mengalami hal serupa.


Data milik Sekretariat UN DIY mencatatkan, bahwa pada UN tahun ini nilai rata-rata ujian tingkat SMA mengalami kenaikan cukup signifikan. Semua peserta dari tiga jurusan di SMA, yakni IPA, IPS dan Bahasa nilai rata-ratanya mengalami kenaikan. Program Bahasa meraih nilai rata-rata tertinggi yakni 413,58. Angka tersebut jauh di atas rata-rata tahun lalu, yakni 387,59.

Baca juga: Informasi Jadwal Seleksi Mandiri PTN 2017 Terbaru!

Kemudian, nilai rata-rata tertinggi kedua dicapai seluruh peserta ujian dari kelas IPA. Nilai rata-rata kelas IPA yakni 373,52, sedangkan tahun lalu sebesar 346,05. Ketiga, kelas IPS dengan nilai rata-rata 372,49 atau lebih tinggi dari nilai tahun lalu sebesar 338,99.

Sebaliknya, di tingkat SMK terjadi penurunan nilai rata-rata meski angkanya tidak terlalu menurun tajam. Pada UNBK tahun lalu, nilai rata-rata tingkat SMK adalah 253,75. Sedangkan, di UN kali ini nilai rata-rata hanya 245,60 dari jumlah peserta 25.317 siswa.

“Kalau dibandingkan dengan tahun lalu, nilai rata-rata UNBK untuk SMK tahun ini mengalami penurunan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Kadarmanta Baskara Aji, (1/5/2017).

Evaluasi Hasil UNBK SMK

Menurutnya saat ini belum dilakukan evaluasi apapun. Rencananya setelah pengumuman akan segera dilakukan evaluasi terutama untuk SMK. “Kami akan mengevaluasi, mengapa terjadinya penurunan. Apakah ini ada kaitannya dengan revitalisasi SMK dari pemerintah yang lebih banyak digarap produktifnya dibandingkan akademik,” katanya.

Menurut Aji nilai rata-rata SMK untuk pelajaran Bahasa Indonesia tahun ini 72,73, tahun lalu 73,44. Untuk Bahasa Inggris 46,74, tahun lalu 54,85. Mata pelajaran kompetensi tahun ini rata-ratanya 77,52 dan tahun lalu 77,55. Hanya Matematika yang mengalami kenaikan, di tahun ini 48,61 sedangkan tahun lalu 47,91. “Jika melihat total rata-rata empat mata pelajaran, tahun ini nilainya 245,6 dan tahun lalu 253,75,” katanya.

Baca juga: Kuliah Kelas Karyawan Murah? Coba Ke Universitas Mercu Buana!

Menurut Aji, pada tahun-tahun sebelumnya nilai produktif siswa SMK beriringan dengan nilai akademik. Hasil UN pun tidak jauh berbeda dari uji kompetensi siswa. Jika ini ada hubungannya dengan revitalisasi SMK, maka bisa jadi karena memang program revitalisasi SMK yang ditekankan pemerintah pusat adalah lebih banyak pada pengembangan life skill atau produktivitas siswa SMK.

“Ini jadi bahan evaluasi, apakah nilai akademik di SMK saat ini tidak digarap dengan baik sehingga nilai UN SMK jadi menurun. Biasanya produktivitas dan akademik itu sejalan,” katanya.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait