1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. PKM-UP Bantu Kembangkan Makanan Dodol Tenjo Cipare

Kategori

PKM-UP Bantu Kembangkan Makanan Dodol Tenjo Cipare

PKM-UP Bantu Kembangkan Makanan Dodol Tenjo Cipare

Rating: 1 - out of 5stars
04 Desember 2018 0 Komentar
Penulis:

Sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat, Universitas Pertamina mengadakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-UP) di kampong Cipare, Desa Tenjo, Bogor, Jawa Barat. Dalam kegiatan ini, terdapat lima bidang yang menjadi fokus pengabdian kepada masyarakat, yakni di bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, sosial, dan ekonomi. Salah satu perwujudan dari program PKM di Kampung Cipare ini adalah Pengembangan Usaha Olahan makanan Dodol Tenjo “Dodol Land”: Bentuk Pemberdayaan Wanita Kampung Cipare, Desa Tenjo sebagai Alternaif Sumber Penghasilan.

Dilansir dari laman UP, program PKM ini diusulkan oleh Tim PKM bidang ekonomi yang diketuai oleh Diah Kemala Mutmainah (Kimia T.A. 2017) bersama keempat anggotanya yaitu Handy Agung (Teknik Elektro T.A. 2017), Putri Rafika (Kimia T.A 2017), M. Rizky (Teknik Geologi T.A 2017), dan Anggun Kirana (Kimia T.A. 2016) dengan Dosen Pembimbing Khabib Khumiani (Dosen Kimia) dan Nursechafia (Dosen Ilmu Ekonomi). Salah satu rangkaian kegiatan yang telah dilakukan oleh Tim PKM ini adalah Pelatihan Usaha dengan mendatangkan Pembicara dari bidang bisnis yaitu Rizky Wijayanti, SH yang merupakan CEO Founder Saudagar Nusantara. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 November 2018 di Kampung Cipare, Desa Tenjo yang diikuti oleh 32 ibu-ibu warga Kampung Cipare.

Baca: Ujian Masuk Universitas Pertamina Periode Januari Dibuka 10 Desember!

Dodol Tenjo merupakan produk olahan warisan leluhur masyarakat Kampung Cipare, resep rahasia terus diturun selama berpuluh-puluh tahun. Namun persoalannya banyak pengolah dodol yang didominasi oleh orang tua, keterbatasan modal dan pengemasan produk yang masih sederhana. “Kaum pengolahan dodol yang didominasi orang tua harus menularkan Ilmunya mengolah dodol secara estafet kepada anak anaka muda kampung Cipare penerus dan penjaga produk kuliner warisan Tenjo” ungkap Rizky Wijayanti, SH.

Melalui Program Pengabdian Masyarakat warga dilatih bagaimana cara mengembangkan usaha mereka, manajemen keuangan, branding kemasan, dan pemasaran. Kegiatan Pelatihan Usaha dilanjutkan dengan proses pengolahan dan produksi Dodol Tenjo di rumah Lilis selaku Koordinator Usaha Dodol Tenjo yang merupakan Produk Binaan Universitas Pertamina.

Baca: PSDKU Unpad Sukseskan Pangandaran Run 2018

Sumber https://universitaspertamina.ac.id/

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Ayo Kuliah
Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait