1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Geser UGM, UI Menjadi Kampus Terbaik di Indonesia 2020!

Kategori

Geser UGM, UI Menjadi Kampus Terbaik di Indonesia 2020!

Geser UGM, UI Menjadi Kampus Terbaik di Indonesia 2020!

Rating: 1 - out of 5stars
07 April 2020 0 Komentar
Penulis:

Universitas Indonesia (UI) berhasil menggeser Universitas Gadjah Mada ke peringkat kedua dan mengukuhkan diri menjadi kampus terbaik di Indonesia versi Webometrics Ranking of World Universities 2020. Tak hanya nasional, UI juga berhasil menyabet peringkat ke-10 di Asia Tenggara dan 766 di dunia. Posisi ketiga sampai kelima sendiri diduduki oleh Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Universitas Sebelas Maret (UNS).

Apa itu Webometrics? 

Webometrics merupakan sebuah sistem peringkat perguruan tinggi di dunia yang berbasis website. Jika kinerja suatu website perguruan tinggi baik, perguruan tinggi tersebut juga bisa memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan. Seperti, untuk peningkatan penelitian, kualitas pengajaran, sampai meningkatkan prestige di kancah internasional.

Lantas, apa saja indikator yang dipakai Webometrics dalam menilai kualitas website suatu universitas? Webometrics memiliki empat indikator penilaian yaitu presence, visibility, transparency/openness, dan excellence/scholar. Keempat indikator ini berkaitan dengan jumlah website, inliks, hingga jumlah artikel ilmiah yang dipublikasikan suatu universitas.

Cybermetric Lab Spanyol pun melakukan penilaian pada sekitar 19 ribu lembaga perguruan tinggi di dunia. Hasilnya, UI dinilai mampu membuka akses publikasi ilmiah kepada masyarakat dan memenuhi semua indikator di atas sehingga meraih peringkat pertama di Indonesia. 

Peringkat Webometrics Bukan Satu-satunya Standar dalam Memilih Universitas

Meskipun demikian, peringkat Webometrics ini bukanlah satu-satunya acuan untuk melihat kualitas perguruan tinggi di Indonesia. Setiap pemeringkatan pasti memiliki indikator dan standar yang berbeda-beda dan tak ada satupun standar yang lebih baik dari standar yang lain. Jadi, peringkat ini bukanlah satu-satunya acuan dalam memilih suatu universitas. 

Hal ini dikuatkan dari pernyataan Plt Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud Nizam yang menilai bahwa sesungguhnya peringkat Webometrics bukanlah tujuan akhir dari suatu perguruan tinggi. Namun, pemeringkatan ini merupakan sebuah hasil dari usaha perguruan tinggi untuk memberikan yang terbaik bagi mahasiswa dan mendukung kemajuan bangsa. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mempertimbangkan indikator lain sehingga bisa menemukan universitas yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. 

 

Sumber : Sindonews.com

Gambar: Rahmat Damanik dari Pixabay

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait