1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. UNS Perluas Wilayah Kampus Hingga Kabupaten Karanganyar

Kategori

UNS Perluas Wilayah Kampus Hingga Kabupaten Karanganyar

UNS Perluas Wilayah Kampus Hingga Kabupaten Karanganyar

Rating: 1 - out of 5stars
31 Mei 2018 0 Komentar
Penulis:

UNS (Universitas Sebelas Maret Surakarta) berencana untuk memperluas wilayah kampus hingga Kabupaten Karanganyar. Perluasan ini menanggapi surat dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor 177 Tahun 2018 tentang Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus.

Menurut Ketua Tim Pengembangan Kampus Widodo Muktiyo pada hari Rabu tanggal 30 Mei 2018, perluasan tersebut dilakukan tepatnya di Gunung Bromo, Kabupaten Karanganyar. Luas lahan yang digunakan adalah seluas 122,78 hektare.


Widodo Muktiyo mengungkapkan bahwa terbitnya surat tersebut merupakan hal yang sudah lama dinantikan oleh UNS. Proses yang dilalui untuk mendapatkan ijin perluasan cukup panjang. Sehingga, merupakan suatu kehormatan bagi UNS dengan terbitnya surat tersebut.

Selanjutnya, pada tahap ini pihak kampus melakukan komunikasi dengan Badan Pemantapan Kawasan Hutan di Yogyakarta. Pihak kampus UNS diminta membuat tata batas kawasan hutan agar sesuai dengan peta. Widodo memastikan pemanfaatan hutan tersebut dengan tujuan khusus, yaitu untuk pendidikan dan pelatihan.

“Hasil dari pembicaraan menteri dan rektor, ada keinginan dari menteri agar UNS membuka program studi baru yang terkait dengan kementerian tersebut, yaitu lingkungan hidup dan kehutanan,” katanya.

Menanggapi keinginan Menteri tersebut, pihak kampus langsung memberikan respons dengan membuka program studi lingkungan hidup dalam waktu dekat, lalu menyusul kemudian adalah membuka program studi kehutanan. Adapun Kawasan hutan di Gunung Bromo tersebut nantinya akan disediakan lahan sebagai laboratorium prodi terkait.

Prodi-prodi lain yang relevan dengan hutan pun bisa memanfaatkan laboratorium tersebut, misalnya prodi Biologi. Bahkan prodi pariwisata bisa memanfaatkan karena Kawasan tersebut mungkin bisa dikembangkan untuk kunjungan wisata Pendidikan karena terdapat embung dan pemandangan yang bagus.

Untuk pengelolaan, pihak kampus tengah mempersiapkan teknis operasional dengan membentuk unit pelaksana teknis mengenai pengelolaan kawasan hutan dengan tujuan khusus.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait