1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. UNY Naik Klaster Pertama Perguruan Tinggi Terbaik Di Indonesia

Kategori

UNY Naik Klaster Pertama Perguruan Tinggi Terbaik Di Indonesia

UNY Naik Klaster Pertama Perguruan Tinggi Terbaik Di Indonesia

Rating: 1 - out of 5stars
23 Agustus 2017 0 Komentar
Penulis:

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tengah merayakan perolehan prestasi terbarunya di tahun ini. Bertepatan dengan peringatan hari Kemerdekaan Indonesia ke 72 kemarin, Kementerian Riset dan Teknologi resmi mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi terbaik di Indonesia tahun 2017. Hasilnya, Universitas Negeri Yogyakarta naik klaster menjadi perguruan tinggi terbaik di klaster pertama. Perlu diketahui, tahun 2016 UNY berada di klaster kedua. Selamat!.

Dalam siaran persnya di Serpong, Menristekdikti menyampaikan bahwa pemeringkatan perguruan tinggi sudah dilakukan sejak 2015. Klasifikasi dan pemeringkatan bertujuan untuk perbaikan terus-menerus, dan menilai tingkat kesehatan organisasi perguruan tinggi di Indonesia. Di tahun 2017 ini, dihasilkan 5 klaster perguruan tinggi dengan komposisi klaster 1 (14 PT), klaster 2 (78 PT), klaster 3 (691 PT), klaster 4 (1.989 PT), dan klaster 5 (290 PT). Di klaster pertama atau klaster terbaik ini, UNY berada di peringkat ke- 10 dengan skor 2,86 untuk kategori perguruan tinggi non-politeknik.


Baca: UNAIR Menangkan Penghargaan Kampus Ekonomi Islam Terdepan Dari IAEI

Skor tersebut didapat dari empat komponen penilaian utama, yakni Kualitas SDM, Kualitas Kelembagaan, Kualitas Kegiatan Mahasiswa, serta Kualitas Penelitian dan Publikasi Ilmiah. UNY berhasil meningkatkan prestasinya hingga mampu meraih klaster pertama tahun ini. Perjuangan panjang yang membuahkan hasil positif ini tentu saja membawa kebanggaan, dan kebahagiaan bagi segenap sivitas akademika UNY. Dalam wawancara terpisah, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Sutrisna Wibawa menyampaikan bahwa naiknya klaster UNY dari klaster kedua menjadi klaster pertama ini merupakan hasil kerja keras segenap sivitas akademika, sejak masih IKIP hingga sekarang.

“Klaster pertama dan masuknya UNY dalam 10 PT terbaik yang ada di jajaran klaster pertama ini merupakan tantangan sekaligus peluang untuk meneguhkan semangat kami menuju World Class University, sesuai target kami di tahun 2019 untuk unggul di ASEAN, 2021 unggul di Asia, dan 2025 unggul di dunia sebagai Universitas Kependidikan,” jelas Sutrisna. Raihan ini harus dijadikan sebagai pemicu dan pemacu semangat bagi sivitas akademika untuk terus bekerja keras dalam menumbuhkan dan mengembangkan tradisi akademik (Tri Dharma PT) di UNY.

Baca: Ristekdikti Gandeng 4 Perguruan Tinggi Kembangkan Mobil Listrik Nasional

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait