1. Beranda
  2. Artikel
  3. Tips Kuliah
  4. Sebelum Masuk Kuliah, Isi Hari-harimu Dengan Kegiatan Ini!

Kategori

Sebelum Masuk Kuliah, Isi Hari-harimu Dengan Kegiatan Ini!

Sebelum Masuk Kuliah, Isi Hari-harimu Dengan Kegiatan Ini!

Rating: 1 - out of 5stars
26 Mei 2017 0 Komentar
Penulis:

Selamat buat kalian semua yang sudah dinyatakan diterima di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Nah, selama menunggu masa perkuliahan dimulai sekitar bulan Agustus nanti, Apa saja kegiatan yang akan kamu lakukan?.

Baca juga: Kuliah Perdana? Perhatikan Hal Ini!

Tentu saja, selama masa menunggu kamu tetap dituntut untuk selalu produktif, yakni dengan mengisi hari-harimu dengan kegiatan positif. Selain menghilangkan bosan karena kegiatan sehari-hari selalu sama, kamu juga bisa mulai mempersiapkan apa-apa saja yang dibutuhkan saat masa perkuliahan tiba.

Berikut tips-tips kegiatan yang bisa membuat hari-harimu lebih bermanfaat:

1. Menabung

Kenapa harus menabung? Iya, karena dengan menabung kamu bisa menyisihkan uang jajan keseharianmu untuk bekal masuk kuliah nanti. Jadi, saat kuliah berlangsung kamu sudah punya cadangan dalam hal finansial. Atau menabung untuk memenuhi kebutuhan transportasimu selama kuliah, beli sepeda misalnya.

Daripada uang jajanmu habis untuk berfoya-foya membeli barang yang belum tentu dibutuhkan, atau kamu gunakan untuk dihamburkan selama liburan, alangkah baiknya kegiatan satu ini bisa kamu coba.

2. Baca buku

Terlihat membosankan, namun kegiatan ini justru membuatmu semakin berwawasan luas. Tak hanya buku-buku itu saja yang bisa kamu baca, namun coba baca buku tentang perkuliahan, materi-materi yang masih ‘nyambung’ dengan jurusan yang kamu ambil. Pastinya akan lebih bermanfaat!

3. Cari Kos

Buat kamu yang memutuskan untuk numpang tinggal atau ngekos, lebih baik jauh-jauh hari kamu mencarinya. Namun sebelumnya, putuskan dulu apakah kamu akan membayar kamar kos bersama teman atau kamu gunakan sendiri. Jika memutuskan untuk bersama teman, alangkah baiknya kamu mulai berbincang terkait kos seperti apa yang dicari juga budget yang ditetapkan. Kegiatan cari kos ini juga dinilai tidak mudah, terkadang butuh berhari-hari untuk sekedar mencari informasi mana-mana saja kos yang sesuai.

Baca juga: Tips Pilih Tempat Kos Buat Para Maba!

4. Aktif Cari Info Mahasiswa Baru

Sebagai mahasiswa baru, kamu diharuskan lebih aktif mencari tau terkait informasi mahasiswa baru. Kapan jadwal masa orientasi, apa saja yang perlu dibawa saat orientasi, penting juga kamu mencari tau organisasi apa saja yang ada di kampusmu tersebut. Jadi saat masuk kuliah, kamu sudah punya banyak informasi dan tinggal memilih mau masuk organisasi yang mana!.

5. Part Time

Point ini tidak harus dilakukan, namun bisa juga kamu coba. Nantinya pendapatan yang diterima bisa digunakan untuk melaksanakan kegiatan pertama di atas. Selain menambah pengalaman, kerja part time juga membuatmu lebih menghargai waktu lho!. Salah satu kerja part time yang bisa dicoba: jaga toko, jaga warnet, kerja online, dan masih banyak lagi.

6. Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga

Ya, saat-saat kuliah nanti waktu bersama keluarga akan sedikit berkurang. Jadi manfaatkan waktu bersama keluarga sebaik mungkin. Masa-masa dekat dengan keluarga inilah yang nanti akan kamu rindukan.

7. Berlibur

Sesekali kamu bisa menjadwalkan untuk berlibur baik dengan sahabat-sahabatmu semasa SMA atau bisa juga dengan keluarga.

8. Ikut acara keagamaan

Yuk mulai aktif di berbagai acara keagamaan di daerahmu. Perdalam ilmu keagamaan dan dapatkan teman-teman baru di sini. Jika memungkinkan, saat kuliah nanti kamu harus tetap aktif di acara-acara keagamaan ya!.

9. Olahraga

Jaga kondisi tubuh tetap fit untuk menjalani hari-hari menunggu masa kuliah. Jika saat SMA kamu hanya memanfaatkan jam pelajaran Penjaskes untuk berolahraga, kini kamu bisa mengatur waktu untuk berolahraga kapan saja.

Punya kegiatan lain? Yuk share melalui kolom review di bawah 🙂

Sumber :  AyoKuliah.id

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait