1. Beranda
  2. Artikel
  3. Tips Kuliah
  4. Slamet Setiboro – Kiat Sukses Tembus Program Double Degree

Kategori

Slamet Setiboro – Kiat Sukses Tembus Program Double Degree

Slamet Setiboro – Kiat Sukses Tembus Program Double Degree

Rating: 1 - out of 5stars
10 Agustus 2016 0 Komentar
Penulis:

Amunisi apa saja yang diperlukan untuk menjadi seorang penyandang double degree?

Jawabannya adalah:


  1. IPK minimal 3.00
  2. Kemampuan berbahasa asing (Inggris dan Arab)
  3. Kemampuan membaca tulis Al-quran
  4. Pengetahuan umum tentang pengamalan nilai-nilai islam
  5. Pengetahuan tentang sejarah peradaban Islam di masa lalu
  6. Senang menambah wawasan dengan membaca
  7. Keterampilan dalam berorganisasi dan lain sebagainya.

Bagi anda, susah atau tidak menjalankan dua program sekaligus?

“Bagi saya, menjalankan dua program sekaligus memberikan banyak warna baru. Kadang saya merasa susah karena sering mendapati keadaan dimana seakan akan tugas dan ujian sederas aliran sungai. Akan tetapi semua akan terbayar jika berhasil melewatinya, apalagi dengan nilai optimal. Jadi menurut saya rasanya nano-nano, kadang susah, kadang bahagia, kadang pahit dan kadang juga membuat jenuh” ungkapnya.

Misalkan di jurusan pertama kamu sudah lulus, maka bagaimana dengan jurusan kedua?

Kamu harus menunggu sampai lulus juga untuk melanjutkan studi S2, atau bagaimana? Atau bisa menjalani studi S2 sekaligus menjalani jurusan S1 double degree?

“Alhamdulillah saya sudah melakukan perencanaan untuk hal tersebut, dan ada beberapa opsi yang mungkin dapat saya lakukan. Yang terpenting bahwa program beasiswa ini tidak mengikat terlalu kaku sehingga masih banyak opsi yang bisa saya pilih. Beberapa opsi yang mungkin akan saya lakukan berdasarkan kadar prioritasnya”

  1. Kuliah SPI sembari melanjutkan S2 di sekitar wilayah Semarang atau Jogja agar lebih memudahkan mobilisasi serta membangun dan lanjutkan bisnis pupuk kandang di sultra serta mencari kesempatan magang di Semarang.
  2. Kuliah SPI sampai tuntas sembari membangun dan lanjutkan bisnis pupuk kandang di sultra, serta mencari kesempatan magang di Semarang kemudian melanjutkan study S2 di Luar negeri.
  3. Kuliah SPI sembari mengupayakan program beasiswa lpdp double degree master UNDIP + Belanda atau UGM + Australia
  4. Melanjutkan study S2 di luar negeri dengan mengambil cuti untuk SPI.

Poin terpenting, Apa kiat2 sukses tembus program yang bisa kamu sampaikan ke teman-teman Ayokuliah?

Berdasarkan pengalaman didapat, kiat yang paling jitu adalah terlebih dahulu mengetahui tujuan akhir dari suatu program. Artinya bahwa kita harus betul-betul memahami apa yang menjadi landasan dalam pengadaan program tersebut. Sehingga dengan mengetahuinya dengan baik tentu persyaratan yang akan kita hadapi sudah tersiap dengan jelas. Misalnya contohnya program ini salah satu tujuannya untuk membangun generasi bersaing global. Tentunya untuk menjadi global maka kita harus menguasai bahasa international.

Jadi, senang bukan rasanya? Jika nanti di akhir namamu memiliki dua gelar sekaligus?

“Tentu saja, rasanya luar biasa. Luar biasa istimewa bukan karena gelar yang telah akan tersemat nanti tetapi luar biasa istimewa karena proses yang begitu menyenangkan selama menjalani kesempatan tersebut karena tidak semua mahasiswa bisa mendapatkan kesemptan yang sama. Saya lebih melihat kearah kedua orang tua saya, apabila kedua orang tua saya sudah bahagia dengan semua yang ada pada diri saya, maka sudah cukuplah bagi saya”.

Informasi beasiswa? Simak di sini.

Baca halaman selanjutnya. 1 2 View All

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait