1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. HUT ke-41, UNS Luncurkan Minibus Listrik

Kategori

HUT ke-41, UNS Luncurkan Minibus Listrik

HUT ke-41, UNS Luncurkan Minibus Listrik

Rating: 1 - out of 5stars
14 Maret 2017 0 Komentar
Penulis:

Bertepatan dengan HUT ke-41, Universitas Sebelas Maret (UNS) meluncurkan minibus listrik pertama yang akan digunakan di sekitar kampus. Inovasi ini merupakan hasil kerja sama antara Kemenristekdikti, UNS, LIPI, PT Inka, dan Intek Unsindo.

Seperti dilansir dari laman resmi Kemristekdikti, Mohamad Nasir, yang hadir dalam acara peluncuran tersebut menjelaskan, minibus listrik UNS ini mampu menempuh jarak sampai 50 kilometer sampai baterai habis. Sedangkan kecepatan bisa dipacu hingga 60 km/jam.


“Baterainya memakai baterai lithium 160 AH, dan waktu charging-nya sekali isi membutuhkan waktu enam sampai delapan jam,” ucapnya dinukil dari laman Kemristekdikti, Sabtu (11/3/2017).

Baca Juga : Gandeng Chungnam National University, UNS Kembangkan Riset

Pada penyerahan kunci minibus secara simbolis Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Rektor UNS Ravik Karsidi. Kemristekdikti, Mohamad Nasir secara simbolis menyerahkan kunci kepada Ravik sebagai tanda resmi peluncuran. Tanpa ragu, rombongan langsung mencoba kendaraan itu menuju Museum UNS.

Menariknya, di tengah perjalanan menuju ke gedung UPT Perpustakaan UNS, rombongan sempat melewati jalanan yang menanjak dan terjal. Hal tersebut sempat membuat kekhawatiran lantaran minibus mengangkut 23 penumpang. Namun, ternyata minibus listrik ini mampu menanjak dengan lancar.

“Wah hebat ini, kuat menanjak, sukses UNS,” ujar Nasir

Baca Juga : 8 Universitas Terbaik di Jawa Tengah Tahun 2017

Mohamad Nasir sangat mengapresiasi UNS atas terealisasinya bus elektrik ini. Tak hanya itu, dia juga mengapresiasi mengingat kendaraan tersebut mampu menjadi contoh penerapan kampus hijau dan akan mendukung efisiensi bahan bakar di Indonesia tentunya.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait