1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Jumlah Pendaftar SBMPTN 2017 Diprediksi Meningkat

Kategori

Jumlah Pendaftar SBMPTN 2017 Diprediksi Meningkat

Jumlah Pendaftar SBMPTN 2017 Diprediksi Meningkat

Rating: 0.0 - out of 5stars
09 Maret 2017 0 Komentar
Penulis:

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2017 resmi ditutup pada tanggal 6 Maret lalu. Namun hingga berita ini dirilis, data terkait jumlah keseluruhan pendaftar SNMPTN belum dapat diketahui, termasuk juga program studi dan universitas mana yang menjadi favorit SNMPTN tahun ini.

Meskipun demikian, sejumlah universitas mulai mengumumkan berapa jumlah pendaftar di PTN tersebut. Dari data tersebut, terdapat universitas yang mengalami kenaikan pendaftar, tetapi adapula yang mengalami penurunan signifikan.

Baca juga: Ini Dia 74 PTN Peserta SNMPTN 2017, Mana yang Kamu Pilih?

Beberapa universitas yang mengalami penurunan pendaftar yakni Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang dan UIN Maulana Malik Ibrahim. Sementara baru tiga universitas tersebut yang telah membeberkan hasil pendaftaran SNMPTN 2017.

Dari data yang didapat masing universitas, pendaftar SNMPTN di Universitas Negeri Malang tahun ini sebanyak 34.472 siswa, dan tahun lalu sekitar 44.000 siswa. Kemudian pendaftar di UIN Maulana Malik Ibrahim berjumlah 4.418, tahun lalu pendaftar mencapai 6.402 siswa.

Yang paling terlihat menurun yakni Universitas Brawijaya, penurunan yang terjadi mencapai 25% dibandingkan tahun lalu. Di SNMPTN 2017 pendaftar sebanyak 35.659 siswa, sedangkan tahun lalu sebanyak 48.343 siswa .

Penurunan yang terjadi kemungkinan besar disebabkan karena berubahnya persyaratan status akreditasi sekolah dan evaluasi pemeringkatan siswa berdasarkan mata pelajaran pada semester 3, 4 dan 5 yang diujikan dalam UN.

Di tahun ini, terdapat perbedaan persyaratan pendaftar yang dilihat dari akreditasi sekolah. Jika tahun lalu, sekolah dengan akreditasi A bisa mendaftarkan 75 persen siswa, akreditasi B sebesar 50 persen siswa, akreditasi C sebesar 20 persen dan akreditasi lainnya 10 persen siswa terbaiknya.

Baca juga: Informasi Lengkap Pendaftaran SNMPTN 2017!

Sedangkan tahun ini, sekolah dengan akreditasi A hanya bisa mendaftarkan sebanyak 50 persen siswa terbaik, akreditasi B sebesar 30 persen siswa, akreditasi C sebesar 10 persen, dan sekolah yang belum terakreditasi sebesar 5 persen siswa terbaik di sekolahnya.  Siswa yang memiliki nilai baik namun dikarenakan kuota siswa yang bisa mendaftar di masing-masing sekolah tidak mencukupi maka disarankan mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017.

Oleh karenanya, tahun ini diprediksikan bahwa pendaftar SBMPTN akan meningkat. Hal ini mengingat terbatasnya kuota SNMPTN dan kini sebagian universitas justru meningkatkan jumlah kuota SBMPTN 2017. Beberapa universitas bahkan meniadakan seleksi mandiri dan meningkatkan kuota SBMPTN hingga 70%. Sebut saja seperti UI, Unpad, dsb.

Mau tahu informasi terkait SBMPTN 2017? Gali infonya di sini ya!

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

linecolor

    






Artikel Terkait