1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Kemenag Gelar Pameran Pendidikan Islam Internasional Selama Empat Hari

Kategori

Kemenag Gelar Pameran Pendidikan Islam Internasional Selama Empat Hari

Kemenag Gelar Pameran Pendidikan Islam Internasional Selama Empat Hari

Rating: 1 - out of 5stars
17 November 2017 0 Komentar
Penulis:

Untuk pertama kalinya, Kementerian Agama (Kemenag) RI akan menggelar Pameran Pendidikan Islam Internasional (International Islamic Education Expo-IIEE) di tanah air. Pameran pendidikan ini akan diselenggarakan selama empat hari, pada tanggal 21 – 24 November 2017 di ICE-BSD City Serpong.

Sejumlah acara akan diintegrasikan dalam pameran pendidikan ini, antara lain Seminar Internasional Tahunan tentang Studi Islam (Annual International Conference on Islamic Studies, AICIS), Deklarasi Jakarta, Apresiasi Pendidikan Islam (API), Seminar Internasional tentang Studi Pesantren, dan Pentas Seni Pelajar dan Mahasiswa. Adapun tema yang diambil dalam acara ini yakni Indonesia Islamic Education for Global Peace.


Tujuan digelarnya pameran pendidikan ini adalah untuk menampilkan pendidikan islam Indonesia agar lebih dikenal dengan baik oleh masyarakat luas secara nasional maupun internasional. Dengan mengunjungi pameran diharapkan para pengunjung akan mendapatkan kemanfaatan, dan memperoleh berbagai macam informasi mengenai khazanah pendidikan Islam di Indonesia di masa lampau maupun perkembangannya saat ini.

Baca: Universitas Islam Internasional Beroperasi Tahun 2018

Sesuai rencana, pameran pendidikan ini akan diikuti oleh lembaga pendidikan islam tanah air, juga sejumlah universitas terkemuka di dunia. Menurut Ketua Panitia Pelaksana Mizan Sya’roni, akan ada sekitar 18 universitas top dunia yang siap berpartisipasi di sini.

“18 universitas lintas negara bakal berpartisipasi, delapan partner institusi, dan lima kedutaan besar yang sudah mengonfirmasi keikutsertaannya lewat online,” kata Mizan Sya’roni di Kantor Kementerian Agama Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Rabu (15/11).

Dia mengatakan beberapa universitas yang sudah mengonfirmasi keikutsertaannya di antaranya University of Sydney, University of Western Australia, London South Bank University (LSBU), University of Nottingham, University of Sheffield, Victoria University, Monash University, University of Canberra, dan universitas lainnya.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Kamaruddin Amin mengatakan, pihaknya telah menghubungi Presiden Jokowi untuk membuka pameran pendidikan Islam internasional pertama di Indonesia ini bersama Menag Lukman Hakim Saifuddin.

Baca: Para Delegasi Arab Saudi Kunjungi Kampus UI Depok

“Presiden Joko Widodo sedang dalam konfirmasi untuk bersedia membuka pameran ini,” ujar Kamaruddin dalam kesempatan yang sama didampingi Sekretaris Ditjen Pendis M. Isom Yusqi.

Dia mengungkapkan, seluruh elemen masyarakat akademik dan umum bisa mengakses berbagai layanan yang disediakan oleh Kementerian Agama seperti layanan beasiswa, layanan pencatatan hak kekayaan intelektual, sertifikasi guru, dan layanan lainnya.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait