1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Peringati Hari Sumpah Pemuda FTUI Gelar Pameran Inovasi Teknologi

Kategori

Peringati Hari Sumpah Pemuda FTUI Gelar Pameran Inovasi Teknologi

Peringati Hari Sumpah Pemuda FTUI Gelar Pameran Inovasi Teknologi

Rating: 1 - out of 5stars
27 Oktober 2017 0 Komentar
Penulis:

Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda sekaligus Dies Natalis Fakultas Teknik (FT) Universitas Indonesia ke-53, FTUI gelar Pameran Inovasi Teknologi. Pameran Innovasi Teknologi kali ini digelar berkat kerja sama dengan “Ikatan Alumni Fakultas Teknik UI” (ILUNI UI). Kegiatan ini bertemakan “FTUI Untuk Negeri” yang digelar mulai tanggal 27 – 29 Oktober 2017 di Gandaria City Mall Jakarta.

Selama tiga hari digelar, FTUI Untuk Negeri akan mempersembahkan rangkaian acara menarik, seperti Pameran Inovasi Teknologi, Pameran Pendidikan FTUI, Pameran Ventura FTUI, Pameran Kemahasiswaan FTUI.

Selain itu, akan ada talkshow dengan tema menarik serta pembicara yang handal di bidang masing-masing.

Dilansir dari Kabar24.com, Ketua ILUNI FTUI, Teten Derichar dalam siaran persnya menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan “FTUI Untuk Negeri” ini selain sebagai ungkapan rasa syukur kepada tanah air atas berbagai pencapaian dan prestasi yang telah dicapai FTUI hingga saat ini, juga merupakan bagian dari komitmen FTUI untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat luas pada umumnya mengenai pentingnya pengembangan “teknologi” dan “inovasi” untuk kemajuan bangsa. Melalui kegiatan ini, juga diharapkan akan meningkatkan minat generasi muda terhadap teknologi dan profesi perekayasa (engineer).

Baca: UIN Raden Intan Gelar Apel Peringatan Hari Santri Nasional

Pada hari pembukaan, tanggal 27 Oktober akan ditampilkan “Pameran Hasil Karya FTUI”, dimana lebih dari 50 karya berbagai penelitian dari tujuh departemen FTUI akan dipamerkan kepada masyarakat. Selanjutnya akan dilaksanakan talkshow dengan tema “Inovasi Produk Berbasiskan Kekayaan Alam”.

Pada hari kedua, FTUI akan melakukan penganugerahan “Lifetime Engineering Dedication Award” kepada Presiden RI ke-3, Prof Dr-Ing BJ Habibie, yang telah mendedikasikan hidupnya untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. Pada kesempatan tersebut, Prof Dr-Ing Habibie bersama Menristekdikti, Prof H Muhamad Natsir Phd, Rektor UI, Prof Dr M Anis, dan Dekan FTUI, Prof Dr Dedi Priadi juga akan tampil sebagai pembicara dalam talk show dengan tema “Teknik Untuk Negeri”.

Sebagai bagian dari rangkaian acara, pada hari ketiga akan dilaksanakan pembahasan mengenai “Mobil Listrik Solusi Energi dan Lingkungan” dengan nara sumber antara lain Menteri Perhubungan, Ir Budi Karya Sumadi, Gubernur DKI, Dr Anies Baswedan, Dirjen Ketenagalistrikan Kementrian ESDM, Dr Ir Andy N Sommeng, Direktur Operasional TransJakarta, Daud Joseph S.T, dan Direktur Institut Transportasi, Ir Milatia Kusuma MBA Msc.

Event “FTUI Untuk Negeri” ini juga akan ditandai dengan beberapa acara dan aktivitas seperti lomba mewarnai gambar teknik, klinik arsitektur, dan reuni serta peluncuran buku “5 Dekade Alumni FTUI”.

Baca: Tim HTW UI Raih Berbagai Penghargaan Di HydroContest 2017

FTUI adalah salah satu fakultas terbesar di Universitas Indonesia yang memiliki 12 program studi S1, 7 program studi S2, dan 7 program studi S3 dalam 7 departemen, yaitu: teknik sipil, teknik elektro, teknik mesin, teknik metalurgi dan material, arsitektur, teknik kimia, dan teknik industri.

Setiap tahun, FTUI mendidik lebih kurang 5600 mahasiswa, didukung para pengajar tetap, diantaranya 126 doktor dan 55 profesor berkualifikasi internasional. Sejak resmi berdiri pada tanggal 17 Juli 1964, FTUI telah meluluskan lebih dari 25.000 sarjana S1, S2, dan S3 yang saat ini mengabdikan profesinya di dalam maupun di luar negeri.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Ayo Kuliah
Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait