1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Raih 10 Emas, UGM Jadi Juara Umum PIMNAS Ke-31

Kategori

Raih 10 Emas, UGM Jadi Juara Umum PIMNAS Ke-31

Raih 10 Emas, UGM Jadi Juara Umum PIMNAS Ke-31

Rating: 1 - out of 5stars
03 September 2018 0 Komentar
Penulis:

Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil menjadi juara umum Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-31. Adapun total perolehan medali yang diraih yakni sebanyak 10 emas, 3 perak dan 5 perunggu, yang didapat dari dua kategori yang dinilai, yakni poster dan presentasi. PIMNAS sendiri diselenggarakan di Universitas Negeri Yogyakarta sejak 29 Agustus – 1 September 2018. Sedangkan acara penutupan PIMNAS berlangsung pada Sabtu, 1 September malam di Gedung Olahraga UNY.

Pada kategori poster, UGM mendapat sebanyak 3 emas, 1 perak, dan 3 perunggu. Tiga medali emas didapat oleh tim PKM-PSH, PKM-KC, dan PKM-M. Satu medali perak disumbang oleh PKM-M. Lalu, tiga medali perunggu didapat dari PKM-PE 2 medali dan PKM-M 1 medali.


Sementara pada kategori presentasi, UGM memperoleh 7 emas, 2 perak, dan 2 perunggu. Tujuh medali emas masing-masing disumbang oleh PKM-PSH 1 medali, PKM-PE 2 medali, PKM-KC 1 medali, PKM-K 1 medali, PKM-M 1 medali, dan PKMGT 1 medali. Dua medali perak disumbang oleh PKMPE dan PKM-GT. Terakhir, dua medali perunggu diraih oleh PKM-PE dan PKM-M.

Dengan perolehan tersebut, UGM berhak menyandang gelar sebagai juara umum mengalahkan Universitas Brawijaya (UB) pada posisi kedua dan Universitas Diponegoro pada posisi ketiga. Perolehan UGM tahun ini sekaligus menggeser posisi UB yang mana tahun lalu menduduki posisi pertama.

Gelar kali ini merupakan yang keenam kalinya UGM menjadi juara umum PIMNAS. Hal itu setelah gelaran sebelumnya pada tahun 2006, 2007, 2010, 2011, dan 2014. Dengan gelar ini, UGM menyamai rekor UB dengan sama-sama memperoleh predikat juara umum PIMNAS sebanyak enam kali.

Baca: ITB Jadi Perguruan Tinggi Terbaik Versi Kemenristekdikti Tahun 2018

Prof. AinunNa’im, Ph.D., M.B.A., Sekretaris Jenderal Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menyatakan selamat atas keberhasilan UGM itu.Namun, ia juga menyatakan bahwa semua peserta yang mengikuti PIMNAS adalah juara.

“Hal itu karena usaha mereka untuk sampai di sini tidak mudah. Mereka hadir di sini setelah menyisihkan saingan mereka dari seluruh Indonesia. Mereka adalah mahasiswa-mahasiswi terpilih,” tegasnya sebagaimana dilansir dari situs resmi UGM.

Oleh karena itu, Ainun menyatakan bahwa peserta yang belum memperoleh medali pada tahun ini agar jangan berkecil hati.

“Jadikan ini sebagai pelajaran untuk lebih sukses pada masa yang akan datang,” ujarnya.

Baca: Inilah Klaster 1 Perguruan Tinggi Non Vokasi Terbaik Tahun 2018

Ia kemudian menyampaikan harapannya terkait gelaran PIMNAS kali ini. “Semoga dengan ini dapat meningkatkan kualitas karya ilmiah, inovasi, serta daya saing perguruan tinggi di Indonesia,” pungkasnya sekaligus menutup rangkaian PIMNAS tahun ini.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait