1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. ST3 Telkom Alih Status Jadi Institut Telkom Purwokerto

Kategori

ST3 Telkom Alih Status Jadi Institut Telkom Purwokerto

ST3 Telkom Alih Status Jadi Institut Telkom Purwokerto

Rating: 1 - out of 5stars
04 September 2017 0 Komentar
Penulis:

Sekolah Tinggi Teknologi Telematika Telkom (ST3 Telkom) Purwokerto beralih status menjadi Institut Telkom Purwokerto (IT Telkom). Perubahan status ini merujuk pada SK Menristek Dikti Nomor.446/KPT/I/201, yang diterima pada 21 Agustus 2017 lalu. IT Telkom pun resmi menjadi institut berbasis teknologi pertama dan satu-satunya yang lahir di Provinsi Jawa Tengah.

Ketua Yayasan Pendidikan Telkom Ir. Dwi S. Purnomo mengatakan kelahiran IT Telkom Purwokerto ini sekaligus menjadi tonggak sejarah baru untuk dunia pendidikan berbasis teknologi di Jawa Tengah, khususnya di Purwokerto.


“Kelahiran IT Telkom diharapkan dapat membuat dunia pendidikan di sekitarnya semakin berkembang. Dengan kekuatan pada penguasaan teknologi telematika dan informatika, IT Telkom membekali mahasiswa dengan digital skill yang dibutuhkan industri dan masyarakat saat ini,” ujar Dwi saat peluncuran kampus IT Telkom di Kawasan Terpadu Pendidikan Telkom, di Purwokerto, Selasa (29/8).

Baca: UIN Jakarta Jadi Kampus Islam Pertama yang Berbadan Hukum

Dwi menjelaskan, IT Telkom Purwokerto semakin memantapkan diri bersaing di jajaran kempus terbaik nasional dan siap merambah ke tingkat Internasional. Perubahan ini juga semakin memuluskan langkah IT Telkom Purwokerto untuk menjadi Telkom University National Campus (TUNC) di Purwokerto.

“Selain akan ada TUNC di beberapa kota besar di Indonesia,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, IT Telkom kini memiliki delapan Program Studi yang dibuka. Di antaranya, prodi unggulan S1 Teknik Telekomunikasi dengan akreditasi B, S1 Teknik Informatika dengan akreditasi B, D3 Teknik Telekomunikasi dengan akreditasi B, S1 Sistem Informasi, S1 Rekayasa Perangkat Lunak, S1 Teknik Industri, S1 Desain Komunikasi Visual dan S1 Teknik Elektro. Sebagai Kawasan Terpadu Pendidikan Telkom, juga tersedia SMK Telkom dan SMP Telkom yang baru dibuka tahun 2016 lalu.

“Tadinya kami sudah mengurus untuk berubah menjadi Telkom University. Tapi karena ada moratorium program studi sosial, akhirnya kami menjadi institut. Tidak apa-apa, karena kampus ini akan menjadi institut teknologi pertama di Jawa Tengah,” jelasnya.

Sementara, Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan dengan adanya perubahan status tersebut, menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat Banyumas, karena akan menambah dampak yang luar biasa bagi daerahnya khususnya pada sektor pendidikan.

Baca: STMIK Amikom Resmi Jadi Universitas

“Saya mengucapkan selamat kepada Institut Teknologi Telkom Purwokerto yang telah diresmikan, karena tidak mudah untuk berubah nama sekolah menjadi institut, dibutuhkan beberapa persyaratan baik dari sarana, kurikulum maupun yang lainnya,” kata Husein.

Husein pun berharap dengan adanya transformasi tersebut, ITT bisa terus berkembang secara pesat dan mampu melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang telematika yang kompeten, berkarakter dan berdaya saing serta bisa menjadi kebanggaan masyarakat Banyumas dan masyarakat Jawa Tengah pada umumnya.

“Saya yakin, ITT yang berbasis Information Communication Technology (ICT) dengan dibarengi komitmen, semangat sinergi dan kerja keras ini bisa terus bersaing baik itu di tingkat Nasional atau bahkan sampai tingkat Internasional,” jelas Husein.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait