1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Tim Ichiro ITS Raih 14 Penghargaan Di Kompetisi FIRA Hurocup 2017

Kategori

Tim Ichiro ITS Raih 14 Penghargaan Di Kompetisi FIRA Hurocup 2017

Tim Ichiro ITS Raih 14 Penghargaan Di Kompetisi FIRA Hurocup 2017

Rating: 1 - out of 5stars
04 September 2017 0 Komentar
Penulis:

Tim Ichiro merupakan tim robot kebanggaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Berbagai prestasi telah diraih tim ini, baik di tingkat nasional hingga melenggang ke tingkat internasional. Nah baru-baru ini, tim Ichiro kembali menorehkan prestasi membanggakan di kancah internasional lho.

Setelah meraih juara kedua Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid yang diselenggarakan di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung pada 9 Juli lalu, tim robot Ichiro kembali meraih prestasi di kompetisi Federation of International Robot-Soccer Association Humanoid Robot Cup (FIRA Hurocup) 2017. Kompetisi ini diselenggarakan sejak tanggal 23 Agustus lalu di Kaohsiung, Taiwan. Tim asal ITS ini berhasil membawa pulang sejumlah penghargaan yang membuat nama bangsa kembali harum.

Baca: Mahasiswa Universitas Amikom Masuk Final Topcoder Open Di New York

Mereka berhasil meraih Juara Umum dengan total 14 penghargaan yang dihasilkan 3 tim Ichiro, dengan rincian sebagai berikut:

  1. Juara umum peringkat 1 kidsize (Tim Ichiro 2)
  2. Juara umum peringkat 3 kidsize (Tim Ichiro 1)
  3. Juara umum peringkat 3 adult size (Tim Ichiro 3)
  4. Juara 1 mini DRC kidsize (Tim Ichiro 2)
  5. Juara 2 mini DRC Adult size (Tim Ichiro 3)
  6. Juara 1 united soccer kidsize (Tim Ichiro 2)
  7. Juara 2 united soccer kidsize (Tim Ichiro 1)
  8. Juara 2 weight lifting kidsize (Tim Ichiro 1)
  9. Juara 2 halang rintang kid size (Tim Ichiro 1)
  10. Juara 3 halang rintang kid size (Tim Ichiro 2)
  11. Juara 1 sprint kid size (Tim Ichiro 2)
  12. Juara 2 sprint adult size (Tim Ichiro 3)
  13. Juara 3 marathon Adult size (Tim Ichiro 3)
  14. Juara 2 halang rintang adult size (Tim Ichiro 3)

Tahun lalu, tim Ichiro di ajang yang sama berhasil membawa pulang 10 penghargaan. Tahun ini, ITS yang mana merupakan satu-satunya perwakilan Indonesia mampu meningkatkan jumlah penghargaan yang diraih.

Pembina UKM Robotika ITS Muhtadin berharap kemenangan tersebut tetap menjadikan tim Ichiro rendah hati namun tetap punya semangat besar untuk berkompetisi membawa nama baik Indonesia di ajang internasional.

“Kami mengharapkan semangat ini menular ke tim-tim robot yang lain sehingga nama Indonesia menjadi besar dalam bidang Robotika. Kami juga mengharapkan ada sinergi antara tim-tim robot yang dimediasi oleh kementerian sehingga percepatan penguasaan teknologi robot dapat dicapai, dan semakin banyak tim-tim robot yang hebat,” tutur Muhtadin ketika diwawancarai oleh tim Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) terkait kemenangan timnya.

Direktur Kemahasiswaan Ditjen Belmawa Didin Wahidin pun turut mengungkapkan kebanggaannya atas kemenangan tersebut. Dengan semangat, Didin menyampaikan bahwa keluarga besar Ditjen Belmawa turut bangga dan bahagia bahwa ITS telah membawa nama bangsa dan mengangkat harkat dan derajat bangsa Indonesia dalam lomba bergengsi di tingkat dunia.

Baca: Mahasiswa Untag Surabaya Ciptakan Robot Pembersih Lantai

“Ini makin memperkuat kepercayaan diri anak-anak bangsa dan optimis bahwa bangsa ini adalah bangsa besar yang siap memenangkan persaingan di masa yang akan datang. Terima kasih ITS. Hidup mahasiswa ITS! Hidup mahasiswa Indonesia!” ungkap Didin.

Kemenangan tersebut diharapkan dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa-mahasiswa lainnya untuk terus berinovasi dan berkarya demi bangsa Indonesia.

Sumber :  AyoKuliah.id

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait