1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Universitas Indonesia Masuk 300 Besar Universitas Terbaik Dunia

Kategori

Universitas Indonesia Masuk 300 Besar Universitas Terbaik Dunia

Universitas Indonesia Masuk 300 Besar Universitas Terbaik Dunia

Rating: 1 - out of 5stars
13 Juni 2017 0 Komentar
Penulis:

Beberapa pekan lalu, lembaga pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking kembali merilis peringkat universitas terbaik dari 84 negara. Dari data tersebut, terlihat jika beberapa universitas asal Indonesia sukses naik peringkat!. Contohnya Universitas Indonesia.

Menurut data QS World University Ranking 2017/2018, peringkat UI naik di posisi ke-277 dunia. Naik 48 peringkat dibandingkan tahun lalu yang berada pada peringkat 325 dunia. Selain naik peringkat, UI juga mampu mempertahankan posisinya sebagai universitas terbaik di Indonesia selama 6 tahun berturut-turut di pemeringkatan yang sama.

Baca: 11 Universitas Terbaik di Jakarta, Mana Pilihanmu?

Melalui kerja keras yang sudah dilakukan UI dalam beberapa tahun belakangan, membuatnya semakin maju dan dikenal dunia. Apalagi rangking ini diperoleh atas adanya peningkatan signifikan pada performa indikator “International Faculty”, yang mengukur jumlah ekspatriat/tenaga pendidik asing di suatu perguruan tinggi. Peningkatan performa berikutnya terlihat pada indikator “Academic Reputation” dan “Employer Reputation”.

Berdasarkan survei yang telah dilakukan tim QS terhadap para pimpinan perusahaan, lulusan UI dianggap berkompeten, inovatif, serta efektif di dalam bekerja dan mengimplementasikan keilmuannya.

Sekilas Tentang QS World University

Dilansir dari laman resmi Kemenristekdikti, QS World University adalah pemeringkatan universitas-universitas di dunia yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds, perusahaan asal Inggris yang bergerak di bidang pendidikan. Pemeringkatan ini adalah salah satu pemeringkatan yang paling banyak dijadikan rujukan, bersama dengan Academic Ranking of World Universities dan Times Higher Education World University Rankings.

QS juga merupakan pemeringkatan resmi yang dijadikan acuan oleh Kemenristekdikti untuk mengukur kualitas kelembagaan perguruan tinggi di Indonesia menuju World Class University.

Adapun penilaian yang dilakukan QS menggunakan enam indikator:

1. Academic reputation (40%)

2. Employer reputation (10%) yang mengukur unsur akademik secara menyeluruh bersama dengan Academic reputation

3. Faculty/student ratio (20%) yang mengukur komponen penunjang kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi seperti jumlah tenaga pendidik berbanding dengan jumlah mahasiswa

4. Citation per Faculty (20%) yang mengukur jumlah kutipan (citation), jumlah publikasi ilmiah serta dampak penelitian yang dihasilkan para sivitas akademika perguruan tinggi terhadap masyarakat

5. International Faculty (5%)

6. International Student (5%) yang mengukur jumlah mahasiswa asing di fakultas/perguruan tinggi.

Baca: Tiga Universitas Di Indonesia Ini Masuk 500 Besar Peringkat Dunia!

Selain itu, universitas lain yang masuk pemeringkatan QS dibawah Universitas Indonesia adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (UNAIR), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), dan Universitas Brawijaya (UB).

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Ayo Kuliah
Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait