1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Menristekdikti: Jumlah Perguruan Tinggi Di Indonesia Capai 4.498

Kategori

Menristekdikti: Jumlah Perguruan Tinggi Di Indonesia Capai 4.498

Menristekdikti: Jumlah Perguruan Tinggi Di Indonesia Capai 4.498

Rating: 0.0 - out of 5stars
09 Juni 2017 0 Komentar
Penulis:

Beberapa saat lalu, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir sempat menyampaikan fakta menarik seputar total perguruan tinggi di Indonesia. Tepatnya saat memberikan Kuliah Umum di kampus Universitas Borneo Tarakan (UBT), Tarakan Kalimantan Utara. Mengawali Kuliah Umumnya, Mohamad Nasir memebeberkan fakta bahwa saat ini terdapat total perguruan tinggi se-Indonesia sebanyak 4.498 dengan 25.548 program studi yang ada.

Menurunya, jumlah perguruan tinggi yang ada di Indonesia lebih banyak, dibandingkan jumlah perguruan tinggi Tiongkok yakni sebanyak 2.825 perguruan tinggi. Menristekdikti berharap agar perguruan tinggi di Indonesia senantiasa meningkatkan kualitasnya, bukan hanya unggul dalam kuantitas, sehingga dapat bersaing di tingkat dunia. Tidak hanya beberapa saja perguruan tinggi Indonesia yang mendunia, melainkan lebih banyak lagi.

Baca: Sandiaga Uno Bagi Tips Bangun Bisnis Di Universitas Pertamina

“Ada tiga perguruan Indonesia yang masuk 500 besar dunia. Tahun ini ada pergerakan besar peringkat perguruan tinggi Indonesia di dunia (QS), Universitas Indonesia di peringkat 277 naik 48 peringkat dari tahun sebelumnya di 325. Institut Teknologi Bandung di peringkat 331 dan Universitas Gadjah Mada naik 99 peringkat menjadi peringkat 402,” ujar Menristekdikti.

Ini adalah bukti bahwa kualitas perguruan tinggi Indonesia semakin baik dari tahun ke tahun dan dapat bersaing di tingkat dunia.

Selain itu, Kemenristekdikti mengatakan bahwa UBT harus selalu berbenah baik dari penguatan sumber daya manusia maupun fasilitas pendidikan, agar mampu mengejar ketertinggalan dari perguruan tinggi yang telah masuk peringkat dunia. Kemenristekdikti berkomitmen untuk mendukung UBT melalui pemberian beasiswa bagi dosen, beasiswa mahasiswa dan dana pembangunan infrastruktur. Menristekdikti mengajak UBT bersama-sama pemerintah provinsi dan masyarakat untuk membangun perekonomian Kalimantan Utara.

Lebih lanjut, Menristekdikti mengatakan untuk meningkatkan akses anak Indonesia untuk masuk perguruan tinggi, Kemenristekdikti selalu berupaya meningkatkan program beasiswa. Untuk kalangan tidak mampu telah disiapkan bantuan biaya pendidikan Bidikmisi.

“Beasiswa Bidikmisi tahun ini disiapkan untuk 80.000 orang, tahun 2018 diusulkan meningkat 90.000 orang“ jelas Menristekdikti.

Baca: Kuota Calon Penerima Beasiswa Berau Gemilang Sebanyak 920 Mahasiwa!

Untuk mahasiswa dari Papua dan daerah 3T, Kemenrisekdikti juga mengalokasikan Beasiswa Afirmasi Papua dan Daerah 3T.

Upaya yang dilakukan ini diharapkan mampu menggugah keinginan lulusan SMA/SMK/sederajat untuk melanjutkan studi. Bahkan dari awal hingga akhir perkuliahan dibiayai oleh Menristekdikti, dengan syarat harus mampu menjaga nilai-nilainya tetap bagus selama kuliah berlangsung.

linecolor

    






Artikel Terkait