1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. UNS Terima 3.086 Mahasiswa Jalur SBMPTN

Kategori

UNS Terima 3.086 Mahasiswa Jalur SBMPTN

UNS Terima 3.086 Mahasiswa Jalur SBMPTN

Rating: 1 - out of 5stars
19 April 2017 0 Komentar
Penulis:

Tahun ini, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta membuka tiga jalur penerimaan mahasiswa baru, yakni SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri. Adapun untuk jalur SBMPTN, UNS menyiapkan tempat untuk 24.380 peserta ujian tulis SBMPTN. Jumlah ini dibagi menjadi dua jenis ujian yakni paper based test (PBT) sebanyak 23.880 peserta dan 500 peserta untuk ujian computer based test (CBT).

Bahkan, Ketua Panlok UNS Prof Dr Sutarno MSc PhD mengemukakan jika peserta SBMPTN bertambah, pihaknya siap menambah lokasi penyelenggaraan.


”Kami sementara menyediakan 23.880 peserta ujian tulis kertas pensil dan 500 kursi untuk SBMPTN CBT. Untuk ujian tulis kertas pensil, jika pesertanya melebihi jumlah tersebut, kami siap menambahnya. Namun untuk ujian CBT, kuota hanya 500 kursi. Jika sudah habis tak bisa ditambah lagi karena memang terbatas,” kata Sutarno.

Lebih lanjut, Sutarno mengatakan jumlah kuota mahasiswa baru yang diterima UNS Surakarta melalui SBMPTN tahun ini, sebanyak 3.086 peserta atau sekitar 50 persen dari total mahasiswa baru yang akan diterima. Total mahasiswa baru UNS nantinya berjumlah 6.171 peserta yang akan mengisi pada 65 program studi.

Baca juga: UNS Gunakan Nilai SBMPTN Untuk Proses Seleksi Mandiri

“Pada tahun 2017 ini UNS akan menerima total 6.171 mahasiswa baru dan dari jalur SBMPTN sebanyak 3.086 kursi,” jelasnya.

Selain itu, Sutarno juga menjelaskan untuk melayani permintaan tentang baik proses SBMPTN maupun terkait informasi program studi UNS. “Panitia lokal Surakarta memberikan layanan informasi dan “helpdesk” untuk proses pendaftaran di sekretariat UNS di Jalan Ir Sutami 36A Surakarta nomor telepon 0271 634880,” kata Sutarno SBMPTN yang berbasis ujian tulis mulai dibuka pendaftarannya secara online mulai 11 April lalu hingga 5 Mei mendatang pukul 22.00.

Menurutnya, biaya pendaftaran SBMPTN sama dengan tahun sebelumnya Rp 200.000 dan bisa dibayarkan melalu Bank BNI, BTN, dan Mandiri. Adapun ujian SBMPTN akan dilaksanakan pada 16 Mei 2017, sedangkan ujian keterampilan dilaksanakan 17 Mei dan atau 18 Mei mendatang. Pelaksanaan ujian SBMPTN di panitia lokal 44 Surakarta akan bertempat di Kampus UNS, Institut Seni Indonesia, dan beberapa sekolah menengah pertama dan sekolah menengan atas di wilayah ini. ”Hasil seleksi SBMPTN akan diumumkan pada Selasa, 13 Juni 2017,” ungkapnya.

Nah, bagi calon pendaftar yang berniat untuk mengikuti jalur SM, maka diwajibkan mengikuti jalur SBMPTN ini. Alasannya karena pendaftar SM tidak perlu mengikuti tes kembali, dan pihak panitia hanya akan melihat data dari hasil SBMPTN yang akan dikerjakan 16 Mei mendatang. Jadi, kerjakan semaksimal mungkin agar tidak perlu mengikuti seleksi selanjutnya dan tinggal menunggu masa orientasi mahasiswa baru.

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait