1. Beranda
  2. Artikel
  3. Kampus Lifestyle
  4. Sandiaga Uno Bagi Tips Bangun Bisnis Di Universitas Pertamina

Kategori

Sandiaga Uno Bagi Tips Bangun Bisnis Di Universitas Pertamina

Sandiaga Uno Bagi Tips Bangun Bisnis Di Universitas Pertamina

Rating: 1 - out of 5stars
08 Juni 2017 0 Komentar
Penulis:

Selasa, 6 Juni 2017 kemarin, Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno berkunjung ke Universitas Pertamina. Kunjungan ini dalam rangka untuk berbagi ilmu dan pengalamannya sebagai wirausahawan untuk seluruh sivitas akademika Universitas Pertamina, yang dikemas dalam kegiatan UPbringing: Membangun Semangat Kewirausahaan pada Generasi Muda. Tugas Bang Sandi di sini untuk memerikan motivasi serta tips-tips untuk menjadi wirausaha sukses.

Dilansir dari laman UP, saat sharing session, Sandi menyampaikan keprihatinannya terhadap fenomena kenaikan harga bahan pangan di Indonesia menjelang Ramadhan. Menurut Sandi, hal tersebut cukup ironis, mengingat 70% wilayah Indonesia merupakan lahan pertanian. Kemudian, sebagai negara maritim dengan segala kekayaan laut yang dimiliki, Indonesia justru masih mengimpor ikan dan garam. Bahkan, meski telah digadang-gadang sebagai salah satu negara dengan potensi geothermal terbesar, Indonesia masih mengalami krisis dalam hal energi.

Disadari atau tidak, kekayaan alam yang melimpah ini nyatanya kurang dapat dikelola dengan baik. Minimya ide kreatif dan inovatif menjadikan Indonesia dianggap kekurangan entepreneur. Alhasil, Indonesia harus terus memperbaiki untuk dapat mandiri dari segi usaha. Jika menelisik pada kelompok usia produktif yang mendominasi jumlah penduduk Indonesia, generasi muda yang memutuskan utk menjadi entepreneur di Indonesia hanya dibawah 5% dan persentase ini jauh dari negara tetangga.

Baca juga: Lembaga Ini Berikan Bimbingan Belajar SBMPTN Gratis Bagi Siswa Kurang Mampu

Bagi seorang milenial yang memiliki karakteristik berganti pekerjaan, menjadi seorang wirausaha muda harus dipikirkan matang-matang. Sandi memulainya dengan menghimbau para generasi muda untuk dapat memperluas jaringan dan wawasan. Kemudian pelajari langkah-langkah atau tips membangun bisnis:

1. Tuangkan passionmu pada ide bisnis
2. Cari teman untuk menjadi partner bisnis
3. Cari mentor untuk mendapatkan saran
4. Buat business plan
5. Uji coba ide bisnis

Selain itu, kedepannya pemerintah juga akan merumuskan kebijakan yang mendukung para sivitas akademik dan masyarakat, agar terus berkontribusi dalam mengembangkan produk hingga inovasi bagi masyarakat. Menurut Sandi, para pemula yang bergabung di dunia usaha harus diberikan sebuah reward jika mereka mencoba suatu inovasi, maka mereka akan mendapat “safety cushion”. Sehingga mereka yang mencoba pun tidak takut untuk rugi atau gagal karena para entepreneur pemula dapat terus mencoba dan merasa dihargai atas setiap usaha yang telah dilakukan. Stimulus seperti inilah yang dibutuhkan pemula agar tetap terus maju. Ekosistem seperti ini yang sangat ingin diciptakan oleh Sandi.

Baca juga: Kuliah Kelas Karyawan Murah? Coba Ke Universitas Mercu Buana!

Bagi Sandi, usaha itu harus dimulai dari hal yg paling kecil “Start small, think big”. Di awal usahanya, Sandi bercerita bahwa beliau memulai usaha dengan 3 karyawan, beliau tidak pernah terpikir jumlah tersebut akan menjadi 50ribu karyawan. Semua yang didapatnya ini harus diikuti dengan kegigihan, ketekunan dan modal. Di akhir seminar, Sandi menitipkan pesan agar mahasiswa dapat terus memiliki inovasi di berbagai bidang. Seorang wirausaha yg baik itu yg dapat menyelesaikan permasalahan sosial di lingkungan nya, yang membangun solusi atas permasalahan tersebut.

Sumber :  AyoKuliah.id

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait