1. Beranda
  2. Artikel
  3. Tips Kuliah
  4. Persiapan Jelang Tes SBMPTN 2017, Apa Saja?

Kategori

Persiapan Jelang Tes SBMPTN 2017, Apa Saja?

Persiapan Jelang Tes SBMPTN 2017, Apa Saja?

Rating: 1 - out of 5stars
06 April 2017 0 Komentar
Penulis:

Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 segera dibuka. Tepatnya pada tanggal 11 April pukul 08.00 WIB hingga 5 Mei pukul 22.00 WIB. Adapun tes tertulis baik (PBT maupun CBT) dilaksanakan pada tanggal 16 Mei mendatang.

Sejauh ini, sudah berapa persen persiapanmu menjelang tes SBMPTN 2017 tiba? Nah, kali ini Ayokuliah.id siap memberikan kamu tips jelang tes SBMPTN, agar hasil yang kamu dapat semaksimal mungkin, diantaranya:

1. Materi, materi dan materi
Waktu terus berjalan, dan tidak menyisakan waktu untuk bersantai-santai. Apalagi saat ini kamu sudah mulai mempersiapkan materi untuk Ujian Nasional (bagi SMA) dan sudah berlalu (bagi SMK). Jadi bekal materimu sudah sedikit didapat, jika kamu memang belajar materi ujian dengan sungguh-sungguh. Tinggal melanjutkan lagi mempelajari lebih dalam materi lain.

Mulai saat ini, yuk perdalam materi SBMPTN 2017, dengan cara berkaca dari tes SBMPTN tahun-tahun sebelumnya. Coba kerjakan tes tersebut dan temukan kelemahanmu pada materi apa. Hasil tersebut bisa kamu gunakan sebagai gambaran kemampuanmu. Selain itu, lakukan uji coba dengan membuat soal tersulit dan temukan jawabannya!

Baca juga: 3 Situs Try Out SBMPTN Online!

2. Dokumen yang harus dibawa
Ya, peserta ujian SBMPTN diwajibkan membawa beberapa dokumen penting ini, seperti:

  • Kartu Tanda Peserta Ujian
  • Fotokopi Ijazah SMA/SMK/MA/Sederajat yang sudah dilegalisir
  • Lulusan Tahun 2017, sekurang-kurangnya telah membawa Surat Keterangan Lulus (SKL) yang dilengkapi dengan pasfoto berawarna terbaru, dan dibubuhi cap sekolah
  • Pensil hitam 2B
  • Rautan Pensil
  • Penghapus
  • Ballpoint Hitam

Perhatikan dan jangan sampai ketinggalan.

3. Survey lokasi tes masuk
Memang tidak harus mengunjungi lokasi tes sebelum hari H tes berlangsung. Namun tidak ada salahnya untuk survey lokasi terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir keterlambatan saat tes. Karena memang peserta tes diharapkan datang 30 menit sebelum tes diselenggarakan. Jika sudah paham medan perangnya seperti apa, tentu akan memberikan rasa lebih nyaman dan tidak terlalu menjadi beban pikiran menjelang tes.

4. Kesehatan
Usahakan untuk menjaga kesehatan sebelum pelaksanaan ujian. Yuk mulai rutin berolahraga, makan makanan bergizi, istirahat yang cukup. Jangan sampai saat tes berlangsung kamu sakit dan kurang maksimal saat mengerjakan tes.

5. Berdoa dan meminta restu kedua orang tua
Setelah kamu berusaha sedemikian rupa, silakan panjatkan doa dan meminta restu kepada kedua orang tua. Mintalah kelancaran selama tes berlangsung, dan mendapatkan hasil yang memuaskan hingga mampu memberikan senyum bahagia dari kedua orang tua.

Baca juga: Bagaimana Agar Lulus SBMPTN 2017?

Itu dia, lima persiapan yang harus kamu perhatikan. Ada tips lain menjelang tes SBMPTN berlangsung? Yuk bagi ke kami dengan menuliskan tips di kolom komentar.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait