1. Beranda
  2. Artikel
  3. Tips Kuliah
  4. Rencanakan Masa Depan di Universitas yang Tepat

Kategori

Rencanakan Masa Depan di Universitas yang Tepat

Rencanakan Masa Depan di Universitas yang Tepat

Rating: 0.0 - out of 5stars
30 November 2015 0 Komentar
Penulis:

Selepas lulus SMA/SMK, banyak diantara kamu yang mulai kebingungan ketika memilih perguruan tinggi atau universitas terbaik, yang sesuai dengan keinginan. Wajar saja, sebab memilih universitas yang tepat bukanlah perkara mudah untuk segera diputuskan. Lantas sudahkah kamu menentukan universitas serta jurusan mana yang ingin dijalani nantinya?

Dalam memilih universitas, terdapat poin-poin yang harus kamu perhatikan, seperti fasilitas yang disediakan, reputasi universitas, prospek lulusan universitas, dsb. Penting bagi Anda untuk mengetahui fasilitas apa saja yang disediakan universitas tujuan. Tiap universitas memiliki sumber daya dan fasilitas yang berbeda-beda baik ketersediaan ataupun kualitasnya. Tentukan fasilitas apa saja yang Anda butuhkan untuk memaksimalkan kebutuhan perkuliahan nantinya.

Reputasi universitas juga harus menjadi poin yang perlu dipertimbangkan. Periksa apakah universitas tujuan sudah terakreditasi atau belum, karena saat ini banyak terdapat universitas abal-abal atau belum jelas reputasinya. Reputasi universitas ikut mempengaruhi prospek kerja ke depannya. Jadi, sebelum mendaftar pastikan kamu telah mencari informasi yang benar-benar valid tentang universitas tujuan, misalnya tentang nilai kepuasaan mahasiswa, prospek nilai kerja alumni dan prestasi apa saja yang pernah diraih universitas atau Perguruan Tinggi tersebut.

Selain itu, pertimbangkan juga lokasi dan biaya hidup, nah untuk masalah ini harus dipikir matang-matang. Jangka waktu untuk kuliah, mulai awal masuk hingga lulus bisa memakan waktu 3-4 tahun bahkan lebih. Lokasi sekitar kampus akan menjadi tempat tinggal selama menjalani perkuliahan. Apakah Anda lebih suka hidup di kota yang modern atau malah ingin hidup tenang di pinggiran kota, tentu ini akan ikut berpengaruh terhadap biaya yang harus Anda keluarkan nantinya.

Hal yang sebaiknya diperhatikan oleh para calon mahasiswa dalam menentukan pilihan universitas, adalah kesadaran penuh. Jadi, memilih universitas bukan karena tekanan dari berbagai pihak. Alasannya jelas, Anda pasti pernah mendengar fenomena mahasiswa salah jurusan atau berhenti tengah jalan, hal itu tentu sangat disayangkan bukan.

Kebanyakan dari mereka yang berhenti di tengah jalan adalah karena fenomena salah jurusan. Terdapat beberapa alasan mengapa mahasiswa salah masuk jurusan, di antaranya adalah :

  • Tidak sesuai dengan minat, atau masuk jurusan/universitas karena itu merupakan keinginan orang tua.
  • Tidak sesuai dengan kemampuan atau bakat yang dimiliki, atau memilih jurusan hanya karena ikut-ikutan teman.
  • Kurangnya informasi mengenai jurusan atau universitas yang dituju.

Untuk Anda siswa-siwa yang akan segera memasuki ruang-ruang kelas di universitas, jangan sampai salah memilih. Ayokuliah memberikan solusi dalam memilih universitas yang tepat, dengan berbagai fitur dan tools yang kami sediakan, Anda dapat melakukan pencarian sekaligus langsung membandingkan setiap universitas yang ada.

Pilihan tepat, akan menciptakan masa depan yang hebat. Ayokuliah.id bantu Anda temukan pilihan yang tepat!

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

linecolor

    






Artikel Terkait