1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. UGM Duduki Peringkat Pertama Versi 4ICU

Kategori

UGM Duduki Peringkat Pertama Versi 4ICU

UGM Duduki Peringkat Pertama Versi 4ICU

Rating: 1 - out of 5stars
21 Juli 2016 0 Komentar
Penulis:

Universitas Gadjah Mada menempati posisi teratas versi 4 International Colleges & Universities (4ICU) di Indonesia. 4ICU mencatat ada 411 universitas yang masuk ke dalam Top Universities in Indonesia, dan UGM bertengger di peringkat pertama.

4ICU University Web Rangking merupakan salah satu pemeringkatan non-akademis yang menunjukan gambaran mengenai peringkat popularitas universitas-universitas di dunia. 4ICU menentukan peringkat berdasarkan popularitas dari website masing-masing universitas. Peringkat berdasarkan pada algoritma yang meliputi 4 web metrics, yaitu Google Page Rank, Alexa Global Rank, Majestic Referring Subnets, dan Majestic Trust Flow.

Sebagai informasi, berdasarkan daftar peringkat website universitas di Indonesia, UGM menempati posisi pertama serta posisi 75 di Asia. Sementara itu, di kancah dunia website UGM berada di peringkat ke-414 dari 11.606 universitas di 200 negara yang diulas.

Baca: UGM Universitas Terbaik Di Indonesia Versi 4ICU 2018

Cara yang digunakan untuk memperoleh hasil pemeringkatan yakni dengan mengambil data web metrics, pada minggu yang sama untuk meminimalkan fluktuasi temporal dan memaksimalkan komparabilitas. Sebuah filter pra-komputasi juga digunakan untuk mendeteksi outlier pada data mentah. Kemudian, investigasi lebih lanjut serta ulasan dari data Alexa Traffic Rank dilakukan untuk universitas yang mengadopsi subdomain sebagai laman resmi institusi mereka.

Prestasi tersebut membuktikan bahwa UGM dapat menjadi universitas favorit di tanah air maupun kancah dunia. Selain itu juga, peringkat tersebut membuktikan bahwa informasi pada website UGM selalu dicari dengan banyaknya jumlah pencarian di mesin pencari, dan jumlah kunjungan di website UGM.

Dilansir dari laman resmi UGM, Meski demikian, menurut Kepala Kantor Jaminan Mutu, Prof. Dr. Indra Wijaya Kusuma, M.B.A., hal ini tidak tidak membuat UGM puas diri, tetapi justru terus bekerja keras meningkatkan kualitas dan pelayanan yang diberikan.

“Memang bagus kalau kita sudah dapat peringkat tinggi, tapi ke depan semoga bisa terus bergerak lagi, tidak hanya puas dengan yang sekarang,” ujarnya saat diwawancara, Kamis (14/7).

Ia pun menyampaikan bahwa saat ini UGM sedang dalam proses untuk menyempurnakan situs resmi UGM agar lebih mudah diakses oleh para mahasiswa, dosen, ataupun pengunjung yang memerlukan informasi mengenai UGM, baik yang berasal dari Indonesia maupun dari luar negeri.

Baca: 5 PTN Di Jogja Sediakan Ribuan Kursi Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN 2018/2019

“Dalam beberapa waktu terakhir kami telah mengadakan FGD dengan mahasiswa S1, S2, dan S3 baik yang domestik maupun mahasiswa asing. Dari diskusi itu kami membuat rancangan untuk website UGM agar lebih jelas dan mudah diakses,” ujarnya (Humas UGM/Gloria).

Sumber : https://www.4icu.org/reviews/2166.htm

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait