1. Beranda
  2. Artikel
  3. Tips Kuliah
  4. 12 Universitas Swasta Terbaik 2017 Versi Webometrics

Kategori

12 Universitas Swasta Terbaik 2017 Versi Webometrics

12 Universitas Swasta Terbaik 2017 Versi Webometrics

Rating: 1 - out of 5stars
19 Oktober 2017 0 Komentar
Penulis:

  1. Universitas Ahmad Dahlan – UAD

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) merupakan pengembangan dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Yogyakarta.  IKIP Muhammadiyah Yogyakarta sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi merupakan pengembangan FKIP Muhammadiyah Cabang Jakarta di Yogyakarta yang didirikan pada 18 November 1960. FKIP Muhamadiyah merupakan kelanjutan kursus BI Muhammadiyah di Yogyakarta yang didirikan tahun 1957, pada waktu itu kursus BI memiliki Jurusan Ilmu Mendidik, Civic Hukum dan Ekonomi.

Pada 19 Desember 1994 dengan Surat Keputusan (SK) Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No : 102 /D0/1994 ditetapkan bahwa IKIP Muhamadiyah Yogyakarta beralih fungsi menjadi Universitas Ahmad Dahlan.

Sejak didirikan hingga saat ini, UAD terus menorehkan prestasi baik secara akademik maupun non akademik. Selain itu, UAD juga terus menghasilkan lulusan yang berkompeten di bidang masing-masing dan memiliki daya saing di dunia kerja. Oleh karenanya, tak khayal jika UAD berhasil menyandang predikat sebagai universitas swasta terbaik di Indonesia.

Di versi pemeringkatan Webometrics, nama UAD bertengger di peringkat kesembilan universitas swasta terbaik. Lalu, peringkat ke-28 universitas terbaik di Indonesia dan ke-4013 universitas terbaik di dunia.

  1. Universitas Surabaya – UBAYA

UBAYA merupakan kelanjutan dari Universitas Trisakti Surabaya. Universitas Trisakti Surabaya dibentuk oleh Yayasan Universitas Trisakti Surabaya yang didirikan oleh tokoh-tokoh masyarakat, pendidik, pengusaha dan pemerintah, atas perintah Pepelrada (Penguasa Pelaksana Perang Daerah) Jawa Timur untuk menampung para mahasiswa dan dosen serta karyawan eks Universitas Res Publica Surabaya, setelah dilakukan screening dan clearance.

Atas prakarsa Ketua Umum Yayasan Universitas Trisakti (Bapak R.Soekotjo Walikota KDH TK. II Surabaya) nama Universitas Trisakti diganti menjadi UNIVERSITAS SURABAYA yang dikukuhkan dengan Akte Notaris Djoko Soepadmo, S.H. No. 25 Tanggal 6 Maret 1968. Pada saat awal UBAYA memiliki 3 fakultas, yaitu fakultas farmasi, fakultas hukum dan fakultas ekonomi. Saat ini, UBAYA memiliki 7 fakultas dengan 20 program studi yang diselenggarakan.

Setelah melalui perjalanan panjang dari awal pembentukan hingga saat ini, UBAYA berhasil meraih gelar sebagai universitas swasta terbaik di Indonesia. Dilansir dari laman Webometrics, UBAYA menduduki peringkat kedelapan universitas swasta terbaik, lalu peringkat ke-27 sebagai universitas terbaik di Indonesia. Di sisi dunia, UBAYA menduduki peringkat ke-4010.

  1. Universitas Kristen Satya Wacana – UKSW

UKSW masuk di peringkat ketujuh universitas swasta terbaik di Indonesia. Sedangkan di Indonesia UKSW masuk di peringkat ke-27, dan peringkat ke-3972 dunia. Data ini berdasarkan lembaga pemeringkatan Webometrics yang dirilis pada bulan Juli 2017.

Dibandingkan dengan data Webometrics di awal tahun lalu, UKSW berhasil naik beberapa peringkat dan menggantikan posisi Universitas Negeri Semarang di peringkat ke-27. Bahkan, dulu UKSW belum masuk di 30 besar universitas terbaik di Indonesia. Terus tingkatkan prestasimu ya UKSW!.

  1. Universitas Gunadarma – UG

Universitas Gunadarma merupakan salah satu perguruan tinggi swasta favorit di Indonesia. Kampus utamanya terletak di Depok, Jawa Barat. Sedangkan kampus lain berada di Jakarta, Bekasi, dan Tangerang.

Seiring berkembangnya zaman, UG terus berbenah dan terus berinovasi untuk memberikan kualitas pendidikan terbaik bagi mahasiswanya sebagai bekal untuk meniti masa depan. Atas dasar itulah, hingga pada akhirnya UG mampu meraih berbagai penghargaan dan dinobatkan sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia.

Situs Webometrics melansir nama UG berada pada posisi ke keenam universitas swasta terbaik. Lalu, peringkat ke-25 universitas terbaik di Indonesia, dan ke-3933 universitas terbaik dunia.

Baca: 14 Universitas Dan 10 Politeknik Terbaik Versi Kemenristekdikti

Baca halaman selanjutnya. 1 2 3 View All

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Ayo Kuliah
Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait