1. Beranda
  2. Artikel
  3. Tips Kuliah
  4. Cerdik Memilih Program Studi Ala AyoKuliah.id

Kategori

Cerdik Memilih Program Studi Ala AyoKuliah.id

Cerdik Memilih Program Studi Ala AyoKuliah.id

Rating: 1 - out of 5stars
18 Februari 2016 0 Komentar
Penulis:

Sebentar lagi, pendaftaran perguruan tinggi baik melalui SNMPTN, SBMPTN, maupun tes mandiri akan segera dibuka. Apa saja persiapkanmu untuk masuk ke perguruan tinggi? Sudahkah kamu menemukan program studi yang sesuai dengan keinginanmu?

Memilih program studi bisa dikatakan susah-susah gampang. Ada yang dengan mudah menentukan program studi, tapi banyak pula yang kesulitan menetapkan jenjang mana yang sesuai. Buat kamu yang sedang galau memilih program studi mana yang terbaik, simak kiat cerdik memilih program studi ala AyoKuliah.id berikut:

  1. Pahami Ketertarikan dan Minat

Cobalah untuk flashback sejenak, membayangkan mengenai ketertarikan dan minat kamu sebenarnya. Jika dulu kamu lebih suka hal-hal berbau sastra, maka jurusan bahasa akan menjadi sasaranmu. Lalu, program studi apa yang cocok? Coba pikirkan kembali, sastra seperti apa yang kamu sukai. Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Jepang, Sastra Arab? Program studi ini sifatnya lebih mengarah ke keahlian (skill).

  1. Perhitungkan biaya kuliah, fasilitas, akreditasi

Biaya kuliah termasuk salah satu hal yang wajib diperhatikan. Perhitungkan jumlah biaya yang akan kamu keluarkan nantinya,berapa biaya di program studi perguruan tinggi A, juga perhitungkan biaya di perguruan tinggi B. Perhitungkan pula biaya hidup, biaya tinggal, juga kebutuhan keseharianmu nanti.

Baca: 8 Kampus Favorit di Yogyakarta, Mana Tujuanmu?

Selain itu kelengkapan fasilitas perguruan tinggi, misalkan laboratorium, perpustakaan, merupakan faktor pendukung kamu dalam memilih program studi. Bayangkan saja jika kamu masuk di program studi kimia murni, namun perguruan tinggi tidak memiliki laboratorium untuk kegiatan eksperimen, tentunya akan mengganggu proses belajar bukan?

Satu lagi, perhatikan akreditasi dari program studi tersebut, apakah A, B atau justru C. Pilihlah program studi yang telah memiliki akreditasi baik dari pemerintah ya!

  1. Perdalam informasi seputar perguruan tinggi dan program studi

Cari tau kembali informasi mengenai calon perguruan tinggi dan calon program studi mu nanti. Jangan sampai kamu salah memilih program studi, karena beberapa faktor yang belum kamu ketahui. Gali lebih dalam mengenai kampus incaranmu via website, atau bisa juga mengikuti campus fair yang diselenggarakan di masing-masing daerah.

  1. Konsultasi dengan rekan atau orang tua

Sebagai calon mahasiswa yang masih awam dengan dunia perkuliahan. Cobalah untuk berkonsultasi dengan rekan yang lebih berpengalaman, guru maupun orang tua. Apakah program studi ini cocok untuk kamu atau justru sebaliknya?

  1. Perhatikan prospek kerja

Kamu ingin kerja kan setelah kuliah selesai? Maka dari itu, perhatikan prospek kerja yang akan kamu dapatkan jika mengambil sebuah program studi. Tak ada salahnya kamu memperkirakan  lapangan kerja mana yang membutuhkan tenagamu nantinya.

Baca juga: Tahap Pertama SNMPTN Resmi Dibuka!

Tetap cerdik dalam memilih program studi, tetap berusaha dan berdoa demi kelancaran mimpimu ya! Simak informasi menarik lainnya hanya di AyoKuliah.id

sumber :  AyoKuliah.id

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait