1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. UIII Mulai Dibangun Pertengahan Tahun 2017!

Kategori

UIII Mulai Dibangun Pertengahan Tahun 2017!

UIII Mulai Dibangun Pertengahan Tahun 2017!

Rating: 1 - out of 5stars
20 Januari 2017 0 Komentar
Penulis:

Pendirian Universitas Islam International Indonesia (UIII) tinggal beberapa langkah lagi. Setelah izin Presiden dikantongi, lalu pemilihan pengurus komite sudah dilakukan dengan Ketua Komite terpilih, Prof Komaruddin Hidayat, Mantan Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Saat ini proses pendirian tengah mencapai tahap studi banding dengan negara-negara pengkaji islam.

Universitas Islam ini rencananya mulai dibangun pertengahan tahun 2017. UIII akan dibangun di Depok, Jawa Barat. Kemudian peletakan batu pertama juga akan dilangsungkan tahun ini.

Baca juga: Indonesia Bakal Punya Universitas Islam Internasional Lho!

Di tahap studi banding, tim Komite yang digawangi oleh Komaruddin berguru ke Yordania beberapa saat lalu. Tim Komite berkunjung ke beberapa universitas dan lembaga pengkaji islam ternama di sana.

Kedatangan tim ini disambut positif oleh pihak akademisi Yordania. Mereka begitu antusias mendengar kabar terkait pendirian UIII yang akan didaulat sebagai pusat pengkajian peradaban islam yang moderat dan toleran di wilayah Asia Tenggara.

Tak lupa, tim komite juga menyampaikan rencana pembangunan kampus UIII kepada Direktur Internasional Institute of Islamic Thought kawasan Timur Tengah, Prof Fathi Melkawi. Fathi yang merupakan pakar Epistemologi Islam pun sangat tertarik dengan gagasan Pemerintah Indonesia.

Yordania dipilih karena negara ini memiliki peran sangat penting dan strategis dalam geo-politik. Negara ini dikenal sebagai penyangga keseimbangan dan perdamaian di kawasan Timur Tengah.

Yordania juga dikenal aktif turun tangan mendesak semua konflik yang terjadi di Timur Tengah segera diakhiri. Peran itu dijalankan dengan mendasarkan pada nilai-nilai Islam yang mencintai perdamaian dan kebaikan bagi semua umat manusia.

Melihat peran Yordania yang sangat besar dan penting, Komite menilai kerjasama dengan negara tersebut sangat relevan. Kedepannya komite akan mengajak tenaga pengajar dan mahasiswa pascasarjana Yordania berbagi pengalaman dan belajar di kampus UIII, yang siap memulai kegiatan studi akhir 2017.

Baca juga: Indonesia Bakal Punya Universitas Islam Internasional Lho!

Selama di Yordania, Komite Pembangunan UIII juga menyempatkan bertemu dengan sejumlah tokoh. Mereka seperti Paman sekaligus Penasehat Pemimpin Yordania Raja Abdullah bin Hussein atau Abdullah II, Pangeran Hassan bin Talal, dan Penasehat Raja bidang Agama serta Pendiri Universitas Islam Global Yordania, Pangeran Ghazi bin Muhammad.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

linecolor

    






Artikel Terkait