1. Beranda
  2. Artikel
  3. Tips Kuliah
  4. Daftar PTN Yang Punya Jurusan Bahasa Prancis!

Kategori

Daftar PTN Yang Punya Jurusan Bahasa Prancis!

Daftar PTN Yang Punya Jurusan Bahasa Prancis!

Rating: 1 - out of 5stars
22 November 2017 0 Komentar
Penulis:

  1. Universitas Negeri Semarang – Prodi Pendidikan Bahasa Prancis S1

Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis adalah salah satu program studi yang ada di Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. Prodi ini telah ada sejak tahun 1980 dan mendapat SK Dikti 1996. Adapun akreditasi pada jurusan Bahasa Prancis Unnes ini adalah B berdasarkan SK BAN-PT Nomor 022 Tahun 2012.

Informasi lengkap http://unnes.ac.id/prodi/pendidikan-bahasa-prancis-s1/.

  1. Universitas Negeri Yogyakarta – Prodi Pendidikan Bahasa Prancis S1

Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis adalah salah satu Jurusan yang ada di Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta.

Dalam proses pembelajarannya, mulai tahun 2014 Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis menerapkan Kurikulum berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia), dan sekaligus menerapkan pendekatan actionnelle yaitu pengajaran bahasa berbasis tugas dan tindakan berdasarkan kerangka umum acuan untuk pembelajaran standard Eropa (cadre Européen Commun de Référence pour la langue).

Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis juga bekerjasama dengan beberapa universitas lain di dalam ataupun luar negeri untuk meningkatkan kualitas pendidikan di dalamnya. Universitas tersebut meliputi; UPI, UNIMED, UNJ, UNNES, Naresuan University, L’universite de Poitie, dan lain sebagainya. Informasi lengkap http://pendidikan-bahasa-perancis.fbs.uny.ac.id/.

  1. Universitas Gadjah Mada – Prodi Sastra Perancis S1

Jurusan Sastra Perancis UGM masuk di ranah Fakultas Ilmu Budaya UGM. Adapun visi dibukanya program studi ini adalah untuk menjadi satu lembaga pendidikan dan penelitian kebudayaan Perancis dan francophone yang unggul, berwawasan nasional, internasional, memiliki kepedulian terhadap masyarakat, serta menghasilkan lulusan yang berkualitas, lulusan yang berbudaya, kreatif, inovatif, dan memiliki jiwa kepemimpinan/leadership.

Dengan prospek lulusan Sastra Perancis yakni bekerja sebagai pegawai negeri, dosen perguruan tinggi negeri dan swasta, penerjemah, pegawai bank, manager bank, pegawai departemen keuangan, wartawan, presenter dan reporter televisi, pegawai perusahaan swasta nasional dan internasional, hotel, LSM, Guide Museum, pengajar bahasa Indonesia untuk orang asing,  Manager Radio, event organiser pariwisata,  Management Trainee, Guest Relation Officer Hotel, staf information teknologi (IT), peneliti pada bidang sosial, dan wiraswasta.

Informasi lebih lanjut https://fib.ugm.ac.id/akademik/program-sarjana/sastra-roman.

  1. Universitas Indonesia – Prodi Sastra Perancis S1

Prodi Sastra Perancis ini masuk ke dalam Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI. Pada program studi ini mata kuliah yang disampaikan bukan hanya terkait kemampuan bahasanya, namun juga mengenai aspek sastra dan budaya masyarakat pemakai bahasa tersebut, serta pengetahuan pendukung lainnya.

Lulusannya dapat bekerja di sejumlah sektor seperti Kementerian Luar Negeri, kedutaan besar, pariwisata, keimigrasian, media massa, serta lembaga lainnya yang membutuhkan ahli bahasa dan budaya. Untuk pendukung pengajaran, terdapat fasilitas berupa Laboratorium Fonetik,  Laboratorium Leksikologi dan Leksikografi, dan Laboratorium Bahasa.

Program studi ini di buka pada kelas sarjana reguler dan sarjana paralel, dimana jalur masuk untuk kelas sarjana regular adalah melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI. Sedangkan untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan PPKB. Info lengkap http://www.ui.ac.id/akademik/sarjana-reguler/fakultas-ilmu-pengetahuan-budaya/s1-sastra-perancis.html.

  1. Universitas Padjadjaran – Prodi Sastra Perancis S1

Program studi Sastra Perancis Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unpad merupakan salah satu program studi yang diminati di FIB Unpad. Dengan mengadopsi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), program studi Sastra Perancis FIB Unpad bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang menguasai kompetensi utama di bidang kebahasaan, sastra, budaya, dan penerjemahan, serta kompetensi pendukung di bidang pariwisata, diplomasi, kajian budaya, dan kewirausahaan.

Dengan dibimbing oleh staf pengajar yang seluruhnya telah bergelar Magister dan seorang native speaker, proses belajar mengajar diselenggarakan untuk menunjang tiga bidang pengutamaan, yaitu linguistik, sastra, dan penerjemahan. Tertarik masuk sini? Ini info lengkapnya http://www.unpad.ac.id/fakultas/ilmu-budaya/sastra-perancis/.

Baca: 8 Kampus Ini Punya Jurusan Game Terbaik di Indonesia

  1. Universitas Pendidikan Indonesia – Prodi Pendidikan Bahasa Perancis S1

Prodi Pendidikan Bahasa Perancis masuk di dalam Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS). Prodi ini telah terakreditasi A berdasarkan SK BAN-PT Nomor 1546/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2016. Prodi ini didirikan pada 1975  dengan mengelola pendidikan tingkat akademi dan pada tahun 1979 mengelola pendidikan jenjang S1. Info lengkap http://www.upi.edu/.

  1. Universitas Negeri Jakarta – Prodi Pendidikan Bahasa Perancis S1

Prodi Pendidikan Bahasa Perancis S1 UNJ masuk di dalam ranah Fakultas Bahasa dan Seni (FBS). Adapun akreditasi jurusan ini adalah B berdasarkan BAN-PT. Demi menunjang perkuliahan dan menghasilkan lulusan yang berkompeten di bidang masing-masing, Prodi Pendidikan Bahasa Perancis telah memiliki dosen-dosen handal, juga fasilitas belajar yang lengkap. Seperti lab bahasa, dan lain sebagainya.

Ada PTN lain punya jurusan Bahasa Prancis? Kasih tau kami di kolom review di bawah ini ya!. Terima kasih.

Baca halaman selanjutnya. 1 2 View All

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait